Beranda Pemerintahan Pemkab Lebak Gelar Gebyar Klasik Cegah Stunting

Pemkab Lebak Gelar Gebyar Klasik Cegah Stunting

Pokja Gebyar Klasik Kecamatan Maja Rahmat Yuniar saat memberikan bantuan secara simbolis kepada warga.

LEBAK – Sebagai upaya dalam penurunan angka stunting, inflasi serta kemiskinan ekstrim, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak menggelar Gebyar Klasik yang diadakan di Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (22/5/2024).

Camat Maja Edi Nurhedi mengatakan, pemilihan Kecamatan Maja menjadi tuan rumah Gebyar Klasik ini tidak lepas dari upaya penurunan prevalensi stunting di Kecamatan Maja.

“Dari angka prevalensi stunting mencapai 5,61 persen, angka ini bersumber dari e-PPGBM bulan Februari 2024. Dengan begitu dari total jumlah balita di Kecamatan Maja sebesar 5.350 masih ditemukan sekitar 300 kasus stunting,” kata Edi saat ditemui seusai acara, Rabu (22/5/2024).

Ia mengungkapkan, isu stunting ini tentunya tidak mengurangi upaya-upaya pada isu lain seperti kemiskinan ekstrim dan inflasi. Ketiga isu tersebut memiliki hubungan yang erat dan perlu diselesaikan secara sinergis dan terpadu.

“Dalam Gebyar Klasik di Kecamatan Maja, Pemkab Lebak menggandeng berbagai mitra non pemerintah, setidaknya ada 3 bentuk keterlibatan non pemerintah dalam pagelaran Gebyar Klasik diantaranya pembagian sembako, fasilitas kegiatan kemiskinan serta penyaluran zakat, infaq dan shodaqoh,” ujarnya.

Sementara itu, Kelompok Kerja (Pokja) Gebyar Klasik Kecamatan Maja Rahmat Yuniar menyampaikan, dalam penanganan stunting Pemerintah Daerah (Pemda ) Kabupaten Lebak telah mengalokasikan anggaran sebesar 184,580 milyar yang dipergunakan melalui strategi intervensi gizi spesifik serta intervensi gizi sensitif yang dilakukan oleh 18 perangkat daerah.

“Untuk menjaga tingkat inflasi dilakukan upaya melalui strategi keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, serta komunikasi dan koordinasi yang efektif. Adapun penanganan kemiskinan ekstrim pada tahun 2024 telah dialokasikan Rp 500,9 milyar serta upaya melalui strategi mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan masyarakat, serta mengurangi kantong-kantong kemiskinan,” ucapnya.

Diketahui kegiatan jika Gebyar Klasik, diadakan secara serentak oleh Pemda Kabupaten Lebak di 6 titik. Cijaku, Cibadak, Cimarga, Maja, Leuwi Damar dan Rangkasbitung. Pj Bupati Lebak pun menghadiri kegiatan Gebyar Klasik yang diadakan di Kecamatan Cimarga. (San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News