Beranda Pemerintahan Pemindahan Kembali RKUD Temui Titik Terang, Komisi III: Tunggu Itikad Baik Pemprov

Pemindahan Kembali RKUD Temui Titik Terang, Komisi III: Tunggu Itikad Baik Pemprov

 

SERANG – Pemindahan kembali Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dari Bank Jabar Banten (BJB) ke Bank Banten menemui titik terang. Oleh karena itu, Komisi III DPRD Banten menunggu itikad baik dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk melakukan penyehatan dan penyelamatan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut.

Informasi yang dihimpun, pada Jumat (5/6/2020), Pemprov Banten bersama DPRD Banten dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kejaksaan Agung (Kejagung), Bank Banten dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengadakan rapat video conference (vicon). Salah satu hasil rapat tersebut adalah Pemprov Banten diminta untuk mengembalikan RKUD dari BJB ke Bank Banten.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Banten, Ade Hidayat mengatakan, pihaknya akan mendorong pemprov untuk mengupayakan langkah penyelamatan dan penyehatan Bank Banten.

“Berdasarkan arahan OJK kami dukung itu untuk dilakukan upaya penyehatan dan penyelamatan Bank Banten,” kata Ade saat ditemui usai pertemuan tertutup dengan pimpinan Bank Banten di Kantor Bank Banten, Kemang, Kota Serang, Rabu (10/6/2020).

Dengan adanya arahan OJK yeng meminta Pemprov mengembalikan RKUD, menurut Ade, hal itu menjadi harapan besar untuk Bank Banten untuk bisa terbang tinggi.

“Kalau mau ditindaklanjuti itu saya rasa Bank Banten bisa terbang tinggi. Kita punya modal,” ujarnya.

Saat ditanya terkait arahan OJK, Ade mengaku belum bisa mempublikasikan arahan tersebut.
“Kalau itu tanyakan saja ke Pemprov Banten. Ada apa dengan surat OJK. Saya belum bisa menjelaskan sebelum mereka (Pemprov Banten) menyelesaikan permasalahan ini dengan DPRD. Dan saya rasa ini ada jalan mudah dalam menyelesaikan masalah Bank Banten,” jelasnya.

Terkait wacana pengembalian RKUD oleh pemprov, Ade menilai, hal itu harus disertai dengan komitmen dari semua pihak.

“Tinggal Pak Gubernur ngomong, kami sedang melakukan upaya penyehatan Bank Banten dan siap mematuhi arahan OJK. Ini juga agar di masyarakat timbul lagi kepercayaan terhadap Bank Banten,” pungkasnya. (Tra/Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini