Beranda Pemerintahan Pendaftar CPNS di Kota Serang Membeludak

Pendaftar CPNS di Kota Serang Membeludak

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

SERANG – Hingga hari ke 8, peminat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru dan PPPK teknis di lingkungan Pemkot Serang membeludak.

Sejak pembukaan pada 30 Juni yang lalu, peminat CPNS, PPPK guru, dan PPPK teknis di lingkungan Pemkot Serang sudah mencapai 2.104 pendaftar per 8 Juli 2021. Mereka akan memperebutkan sebanyak 602 formasi yang ada di Pemkot Serang.

Berdasarkan data yang didapatkan, sebanyak 1.344 orang yang mendaftar untuk ikut seleksi CPNS. Sementara kuota CPNS yang dimiliki oleh Pemkot Serang hanya sebanyak 182 formasi.

Selanjutnya, pendaftar PPPK Guru diketahui sebanyak 469 orang. Mereka akan berebut untuk bisa masuk pada kuota PPPK Guru yang hanya sebanyak 350 formasi. Sedangkan PPPK Teknis memiliki peminat sebanyak 291 orang, dengan kuota sebanyak 70.

Kepala BKPSDM Kota Serang, Ritadi mengatakan bahwa jumlah pendaftar formasi CPNS, PPPK Guru dan PPPK Teknis telah mencapai 2.104 orang. Jumlah tersebut akan bertambah karena batas penutupan pendaftaran hingga 21 Juli mendatang.

“Sudah banyak. Kemarin kan buka tanggal 1 Juli, penutupannya sampai 21 Juli nanti. Nah per hari ini jumlah pendaftarnya sudah sebanyak 2.104 orang,” ujarnya, Jumat (9/7/2021).

Menurutnya, meskipun setiap tahun peminat CPNS khususnya, selalu membeludak. Namun, kuota yang didapatkan oleh Pemkot Serang selalu sedikit. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan ideal pun belum tercukupi.

“Memang kan selama ini kuota kita dapatnya sedikit-sedikit. Tahun lalu saja CPNS hanya mendapatkan sebanyak 212 formasi saja untuk di Kota Serang,” ucapnya.

Berdasarkan data kepegawaian, saat ini Pemkot Serang sangat kekurangan SDM di bidang pendidikan, terutama guru ASN. Selain karena banyaknya guru ASN yang pensiun, sempat pula dilakukan moratorium penerimaan CPNS beberapa tahun yang lalu.

“Kalau kebutuhan ASN di Kota Serang itu ya guru. Sampai sekarang ini masih kurang lah, masih belum memenuhi jumlah ideal guru ASN di Kota Serang,” katanya.

Berdasarkan tahapan, pendaftaran CPNS, PPPK Guru dan PPPK Teknis akan ditutup pada 21 Juli. Sedangkan pengumuman kelulusan administrasi dilakukan pada 28 dan 29 Juli. Sebelum masuk ke seleksi kompetensi, akan ada masa sanggah hasil seleksi administrasi.

“Baru setelah itu dilaksanakan seleksi kompetensi. Karena kami mah sudah bisa melaksanakan secara mandiri, maka seperti biasanya kami akan menggelar seleksi kompetensi itu di salah satu hotel di Kota Serang,” ucapnya.

Walikota Serang, Syafrudin mengatakan bahwa bagi para pendaftar seleksi CPNS, PPPK Guru maupun teknis yang merupakan warga di luar Kota Serang, diharapkan ketika telah diterima di Pemkot Serang, dapat bermukim di Kota Serang.

“Kalau memang sudah lulus dan telah mendapatkan SK, maka harus bermukim di Kota Serang. Harus berdomisili di Kota Serang. Ini supaya efektif dalam menjalankan tugas-tugasnya,” ucapnya. (Dhe/Red)