Beranda Pariwisata Pembukaan Festival Pesisir di Kota Serang Sepi Pengunjung

Pembukaan Festival Pesisir di Kota Serang Sepi Pengunjung

SERANG – Pemkot Serang resmi membuka festival masyarakat pesisir di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantai Gope, Karangantu Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Acara yang digagas Disparpora Kota Serang yang berlangsung selama tiga hari tampak sepi pengunjung.

Padahal acara masyarakat pesisir merupakan tradisi yang menjadi kekayaan budaya lokal Kota Serang. Diharapkan dengan festival tradisi masyarakat Pesisir dapat menyedot wisatawan dari berbagai daerah.

Pantauan BantenNews.co.id agenda tahunan pesta masyarakat pesisir tampak sepi pengunjung di hari pertama pembukaan. Selain itu, sebagian pejabat Kota Serang pun hanya beberapa yang hadir. Di hari pertama acara tersebut terdapat beberapa stand yang diisi oleh UKM Kota Serang dan sejumlah pelajar dari tingkat SD sampai SMP yang ikut serta.





Plt Kepala Disparpora Kota Serang, Heri Hadi mengatakan festival masyarakat pesisir ini dalam rangka mengenalkan potensi wisata bahari di Kota serang, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dari sektor wisata bisa tercapai.

“Ruhnya ada tiga, pertama untuk mengenalkan potensi pariwisata, kedua untuk menjadikan objek tujuan pariwisata dan meningkatkan perekonomian,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa tindak lanjut dari kegiatan ini, akan menggerakkan segala lini untuk mengembangkan potensi pariwisata yang dimiliki Kota Serang. Terlebih, sudah disiapkannya Pokdarwis (kelompok sadar wisata) yang sudah dibekali pengetahuan tentang kepariwisataan dari daerah lain. “Semoga, kedepan dapat diimplementasikan di Kota Serang,” ujarnya.

Namun sangat disayangkan, festival masyarakat pesisir yang sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari ini oleh Disparpora, tidak banyak diikuti oleh para OPD lain dalam mensuportnya, dikarenakan dalam waktu yang bersamaan ada agenda yang tidak bisa ditinggalkan.

“Dengan hadirnya Wakil Walikota Serang terpilih Subadri Usuludin bisa menjadi pelipur lara. Padahal belum dilantik, semoga ketika sudah dilantik lebih aktif lagi dalam menghadiri kegiatan-kegiatan,” ujarnya.

Ia berharap, agenda rutin tahunan ini, ke depannya lebih semarak dan lebih meriah lagi. “Ini sudah tahun yang kelima diselenggarakannya festival masyarakat pesisir, meski tahun ini penganggaran tiap OPD ada pengurangan, kami tetap yakin bisa melaksanakannya dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Serang terpilih Subadri Usuludin menyampaikan kegiatan festival masyarakat pesisir ke depan harus lebih semarak dan lebih meriah lagi.

“Tidak hanya Disparpora saja yang terlibat, tetapi semua OPD harus ikut terlibat,” katanya saat sambutan sebagai tokoh masyarakat Kota Serang.

Ia menginginkan potensi pariwisata bahari dan kebudayaan di Kota Serang harus gencar dipromosikan. “Salah satunya potensi Pantai Gope, harus semakin dikenalkan, juga dikenalkan potensi budayanya, baik untuk masyarakat Banten dan bahkan masyarakat internasional,” ucap mantan Ketua DPRD Kota Serang itu. (Dhe/Red)