Beranda Kampus Unsera Beri Pembekalan kepada Penerima KIP Kuliah

Unsera Beri Pembekalan kepada Penerima KIP Kuliah

Pembekalan penerima KIP di kampus Unsera. (IST)

BANTEN – Universitas Serang Raya memberikan pembekalan kepada calon penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), Selasa (5/9/2023) di Aula Lantai 6 Unsera. KIP Kuliah merupakan program Pemerintah Pusat dalam upaya meningkatkan akses pendidikan masyarakat ke perguruan tinggi.

Kepala Biro Kemahasiswaan Unsera, Abdul Fatah mengatakan bahwa pada tahun 2023 ini alokasi KIP Kuliah Unsera sebanyak 27 orang sedangkan animo masyarakat untuk mendapatkan program tersebut sangat tinggi. Lebih lanjut Fatah menjelaskan, agar program KIP Kuliah tepat sasaran maka dilakukan beberapa tahapan seleksi.

“Tahapan seleksi calon penerima KIP Kuliah Unsera, pertama seleksi berkas, kemudian wawancara, dilanjutkan dengan survei lokasi atau rumah calon penerima dan wawancara dengan orang tua, kemudian hari ini berupa penjelasan detail tentang hak dan kewajiban penerima KIP Kuliah yang dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas dan terakhir pembuatan SK penerima,” ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri  seluruh calon penerima KIP-K Unsera sebanyak 27 orang yang didampingi oleh orang tua atau wali, Kaprodi serta Wakil Rektor I Unsera Dr Abdul Malik, M.Si dalam arahannya mengatakan, penerima KIP Kuliah di Unsera harus mematuhi beberapa ketentuan seperti tidak boleh bekerja, tidak menikah selama studi, indeks prestasi akademik setiap semesternya harus tinggi serta lulus tepat waktu.

“Jika ada civitas akademika Unsera baik pegawai maupun dosen yang meminta sejumlah uang dari penerima KIP Kuliah, segera laporkan ke saya,” tegasnya.

Abdul Malik juga mengimbau agar orang tua penerima KIP Kuliah harus terus melakukan monitoring baik aktivitas akademik maupun non akademik putra-putrinya.

Kebahagiaan sangat dirasakan oleh Dwi Rohaniyah yang diterima pada Prodi Pendidikan Matematika. Menurutnya, KiP Kuliah sangat membantu untuk mewujudkan cita-citanya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Nurazizah Aini alumni dari SMKN 2 Pandeglang yang sangat  dinyatakan lolos sebagai penerima KIP Kuliah pada Prodi Sistem Komputer. Tidak hanya penerima KIP kuliah, kebahagiaan juga dirasakan oleh  Ene Junaiah, orangtua mahasiswa yang merasa bangga putrinya menjadi mahasiswi di Unsera melalui program KIP Kuliah. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini