Beranda Opini Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pelayanan Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN

Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pelayanan Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN

Ilustrasi - foto istimewa Times Indonesia

Oleh : Rani Sulastri Maulani, Mahasiswa Magister Administrasi Publik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

 

Kemajuan perkembangan zaman saat ini ditandai dengan hadirnya Industri 4.0. Hal ini terjadi karena perkembangan zaman yang membuat tatanan kehidupan manusia selalu berubah-ubah, dimulai dari masyarakat yang belum mengenal teknologi sampai sekarang ini masyarakat sudah berevolusi dengan adanya teknologi yang semakin modern, misalnya dalam teknologi informasi.

Saat ini, perkembangan teknologi informasi tidak hanya bisa dirasakan di Kota-Kota besar saja, akan tetapi bisa dirasakan juga sampai ke daerah terpencil. Teknologi informasi didukung dengan perkembangan infrastruktur teknologi informasi. Seperti menurut Bryd & Turner (2000) infrastruktur teknologi informasi sebagai penggunaan bersama-sama sumberdaya teknologi informasi yang terdiri dari teknikal phisik dasar dari hardware, software, teknologi telekomunikasi, data dan aplikasi inti dan komponen manusia yaitu keahlian, keahlian khusus, kompetensi, komitmen, nilai-nilai, norma-norma dan pengetahuan yang dikombinasikan untuk menciptakan jasa teknologi informasi yang unik bagi organisasi.

Teknologi informasi sudah tidak asing lagi pada pola kehidupan masyarakat. Menurut Teori Determinisme Teknologi pertama kali dikemukakan oleh Marshall McLuhan di tahun 1962 melalui tulisannya yang berjudul The Guttenberg Galaxy: The Making of Typographic Man dengan pokok gagasan dari teori ini adalah bahwa pola kehidupan masyarakat manusia, khususnya aspek interaksi sosial diantara mereka, ditentukan oleh perkembangan dan jenis teknologi yang dikonsumsi oleh masyarakat itu sendiri (McLuhan: 1994). Pesatnya perkembangan teknologi informasi, sangat membantu berbagai aktivitas manusia dalam berbagai aspek kehidupan, misalnya dalam organisasi.

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, teknologi informasi semakin berperan besar dalam berbagai aspek kehidupan. Organisasi dimudahkan oleh teknologi informasi, misalnya dalam bentuk pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan di Indonesia sudah dipermudah oleh adanya teknologi informasi, yaitu dengan hadirnya suatu media online berbasis Aplikasi yang bernama Mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yang dibuat oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Seperti yang dilansir dari Website resmi milik BPJS Kesehatan, Aplikasi Mobile JKN didesain oleh BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan akses dan kenyamanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Aplikasi ini lengkap memuat informasi seputar Program JKN-KIS hingga bisa digunakan untuk merubah data peserta serta mengecek iuran. Peserta bisa dengan leluasa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengurus kepesertaan JKN-KIS tanpa harus datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan. Selain lengkap dan mudah, BPJS Kesehatan pun tak lupa menyematkan informasi segar di aplikasi ini.

Dengan pemanfaatan teknologi informasi, BPJS Kesehatan melalui Aplikasi Mobile JKN menyediakan banyak fitur. Fitur yang dimiliki Mobile JKN ini cukup lengkap, yaitu Info JKN, Status Kepesertaan, Ubah Data Peserta, Kartu Peserta, Pendaftaran Peserta, Data Tagihan Peserta, Pembayaran, Data Catatan Pembayaran, Pendaftaran Pelayanan, Skrining Riwayat Kesehatan, Lokasi Fasilitas Kesehatan dan Pengaduan Keluhan.

Aplikasi Mobile JKN mempunyai banyak manfaat, akan tetapi masih banyak juga peserta JKN-KIS yang tidak mengetahui adanya Aplikasi tersebut yang berisi fitur-fitur untuk mempermudah para peserta JKN-KIS. Misalnya jika ada permasalahan atau keluhan terhadap pelayanan BPJS Kesehatan, masih banyak peserta JKN-KIS yang datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan. Rekomendasi dari penulis yaitu BPJS Kesehatan lebih memperkenalkan dan menginformasikan adanya Aplikasi Mobile JKN yang memberikan kemudahan dalam bidang pelayanan kesehatan, karena pemanfaatan teknologi informasi sangat bermanfaat di era pandemi Covid-19 ini.

 

Referensi:

Bryd, A.T. & Turner, E.D. 2000. “Measuring The Flexibility of Information Technology Infrastructure: Exploratory Analysis of Construct”. Journal of Management Information System. Vol. 17, No. 1, pp. 167-208.

McLuhan, Marshall. 1994. “Understanding Media: The Extension of Man”. London. The MIT Press.

https://www.bpjs-kesehatan.go.id

(***)