Beranda Pemerintahan Pelaksanaan Pilkades Pandeglang Serentak Diminta Perketat Protokol Kesehatan

Pelaksanaan Pilkades Pandeglang Serentak Diminta Perketat Protokol Kesehatan

Bupati Pandeglang Irna Narulita memberikan arahan saat rapat koordinasi panitia pemilihan tingkat kabupaten persiapan pelaksanaan Pilkades Serentak - (Memed/BantenNews.co.id)

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang, Irna Narulita meminta semua jajaran dan panitia pelaksana Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak menerapkan Protokol Kesehatan dengan ketat. Hal itu untuk mencegah terjadinya kluster baru penyebaran Covid-19.

Dalam rapat koordinasi panitia pemilihan tingkat kabupaten persiapan pelaksanaan Pilkades Serentak, Irna menyampaikan bahwa saat ini merupakan hal yang baru karena dilakukan di tengah wabah Corona. Oleh karena itu, semua pihak yang terlibat harus teliti betul dan menerapkan protokol kesehatan saat melakukan pemungutan suara.

“Pilkades ini merupakan rutinitas, namun menjadi hal baru karena di tengah pandemi Covid-19. Ini penting dipahami oleh semua panitia dan jangan sampai terabaikan sehingga pelaksanaan dapat berjalan lancar dan aman,” jelas Irna dalam sambutannya, Kamis (3/6/2021).

Agar seluruh panitia dari mulai tingkat kabupaten hingga kecamatan dan desa memahami tahapan yang akan dilakukan, dirinya meminta sebelum pelaksanaan Pilkades dilakukan zoom meeting terlebih dahulu tentang tata cara Pilkades di tengah pandemi.

“Kalau ada waktu yang cukup lakukan zoom meeting setelah nanti ada penetapan pasangan calon Kepala Desa,” pesannya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang, Doni Hermawan mengatakan, tahapan untuk pilkades serentak di 207 desa 32 kecamatan sudah dilaksanakan di antaranya untuk pembukaan pendaftaran calon.

“Besok sudah dimulai pendaftran calon dari mulai 4-12 Juni 2021. Penetapan hasil seleksi dan pengumuman calon Kades yang akan dipilih pada tanggal 30 Juni, sedangkan pelaksanaan pemungutan suara Pilkades pada tanggal 18 Juli,” terangnya.

Doni juga menjelaskan, karena pilkades kali ini di tengah pandemi, tentu pada pelaksanaannya menerapkan prokes. “Nanti yang mengatur dari panitia kecamatan, mereka sudah mengetahui aturannya seperti apa,” tutupnya.

(Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini