Beranda Komunitas Peduli Sosial, LAZ Harfa Kirim Relawan dan Logistik untuk Korban Gempa Palu

Peduli Sosial, LAZ Harfa Kirim Relawan dan Logistik untuk Korban Gempa Palu

264
0
Relawan LAZ Harfa akan menyalurkan bantuan untuk korban bencana di Palu, Sulawesi Tengah. (Foto: Ade/bantennews.co.id)

SERANG – Belum selesai memberikan bantuan untuk korban gempa Lombok beberapa waktu lalu, kali ini Lembaga Amil Zakat (LAZ) Harfa harus membagi konsentrasi untuk membantu terhadap bencana gempa dan tsunami di Palu Sulteng.

Sebab hari ini LAZ Harfa akan mengerahkan dua relawan dan bantuan logistik untuk meringankan para korban bencana gempa dan tsunami di Palu Sulteng. Hal itu disampaikan Direktur LAZ Harfa Indah Prihanande saat ditemui di kantornya, di Ciwaru, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Kamis (4/10/2018).

“Kami tetap bantu gempa Lombok karena di sana juga para korban belum pulih, dan hari ini kami juga akan kirim relawan dan bantuan untuk korban gempa tsunami di Palu,” ujarnya.

Indah menjelaskan para relawan tersebut akan berangkat dengan menggunakan pesawat komersil. Kemungkinan timnya akan transit di Makasar terlebih dulu bergabung dengan tim.

Selama dua minggu hingga maksimal sebulan para relawan akan fokus membantu korban gempa di Palu, Sulteng. “Bantuan ini merupakan wujud kepedulian warga Banten yang sudah mempercayai LAZ Harfa sebagai media untuk menyalurkan donasinya ke Palu. Bencana ini juga merupakan ujian kita semua untuk terus meningkatkan kepedulian terhadap sesama manusia,” ujarnya.

Ia menjelaskan untuk mempermudah para relawan menyalurkan bantuan, para relawan hanya logistik sesuai kapasitasnya. Sisanya akan membeli di Makasar. “Nanti sampai di sana tim kami akan membeli barang-barang yang menjadi kebutuhan para korban seperti makanan siap saji, selimut dan lain-lain,” ujarnya.

Sementara itu Ii irfan, relawan LAZ Harfa mengaku bersama relawan lainnya sudah siap membantu para korban bencana gempa tsunami di Palu. Mereka sudah berkoordinasi dengan tim di Makasar agar bantuan yang dibawa cepat sampai pada para korban yang membutuhkan di Palu, Sigi dan Donggala.

“Dari Makasar kemungkinan akan menggunakan psawat kecil. Intinya kami Koordinasi lah dengan tim di sana agar bantuan ini dapat sampai pada korban yang membutuhkan. Kami juga sudah antisipasi jika terjadi hal yang tak terduga saat tiba di Palu, “ujarnya.

Menurutnya bantuan logistik ini akan terus berlanjut sampai para korban gempa Palu sudah kondusif. Ia berharap kepeduliannya membantu korban bencana dapat membangun kesadaran untuk terus membantu sesama manusia.

“Jadi tak harus menunggu bencana untuk peduli. Tapi kita harus selalu meningkatkan kepedulian kita, bisa melalui sedekah dan zakat. Dan dalam bentuk apapun yang oenting bermanfaat,” ujarnya.

Senada Fakhrul Irfan, relawan LAZ Harfa juga mengajak pada masyarakat di wilayah Banten untuk mengirimkan bantuan melalui LAZ Harfa. “Bagi warga Banten yang ingin bersedekah bisa kirim ke rekening LAZ Harfa yaitu Bank Syariah Mandiri 7003346538, BNI 2001717171, BRI 008401000593562 dan yang ber zakat melalui rekening BNI 2001616162, BJB Syariah Mandiri 7105718408,” ujarnya. (Dhe/Red)