Beranda Peristiwa Peduli Sesama, Puluhan Anggota Satlantas Pandeglang Ikut Donor Darah

Peduli Sesama, Puluhan Anggota Satlantas Pandeglang Ikut Donor Darah

Donor darah anggota Satlantas Polres Pandeglang. (Memed/bantennews.co.id)

PANDEGLANG – Puluhan anggota Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Pandeglang mengikuti kegiatan donor darah yang diadakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Lalulintas Bhayangkara ke-65 yang digelar di Aula Mapolres Pandeglang.

Kasat Lantas Polres Pandeglang, AKP Riska Tri Arditia mengatakan, kegiatan ini merupakan syukuran serta bentuk kepedulian pada masyarakat. Kata dia, darah yang sudah diambil nantinya akan diserahkan ke Palang Merah Indonesia (PMI) untuk disalurkan pada masyarakat yang membutuhkan.

“Kegiatan ini juga sebagai bukti kepedulian kita untuk masyarakat, nantinya darah yang berhasil dikumpulkan dari anggota Satlantas baik dari polres maupun polsek kami serahkan kepada PMI,” kata Riska saat ditemui di sela-sela kegiatan, Jumat (18/9/2020).

Ia membeberkan selain dari anggota Satlantas, pihaknya juga mengundang beberapa instansi lain untuk ikut serta menyumbangkan darahnya di kegiatan ini.

“Targetnya karena anggota kami sebanyak 75 orang jadi targetnya 75 kantong tapi ada beberapa yang tidak bisa diambil darahnya karena ada yang anemia atau fisiknya kurang bagus jadi ga bisa diambil. Kami juga mengundang dari PM dan Dishub sebagai bentuk integritas kami pada mereka,” ungkapnya.

Riska melanjutkan, sebelum diambil darahnya calon pendonor harus benar-benar sehat dan tidak terpapar Covid-19. Selain kegiatan donor darah, ada beberapa kegiatan lain yang juga diadakan dalam rangkaian memperingati HUT Bhayangkara tahun ini.

“Sama petugas kesehatan pendonor akan ditanya dulu riwayat kesehatan, perjalan yang dilakukan dalam beberapa hari ini untuk memastikan dia tidak terpapar, terus cek suhu tubuh dan menggunakan hand sanitizer juga diwajibkan sebelum masuk ruangan,” jelasnya.

“Selain donor darah kegiatan lain seperti bakti sosial berupa pembagian sembako sebanyak 500 paket, santunan anak yatim piatu, donor darah dan nanti puncaknya syukuran lalulintas,” tambahnya. (Med/Red)