Beranda Peristiwa Pastikan Aman, Gereja di Kota Tangerang Disterilisasi

Pastikan Aman, Gereja di Kota Tangerang Disterilisasi

Polres Metro Tangerang Kota melakukan pengecekan, sterilisasi dan pengamanan diseluruh gereja yang ada di Kota Tangerang - foto istimewa

TANGERANG – Guna memastikan Perayaan Natal di Kota Tangerang berjalan lancar dan aman. Polres Metro Tangerang Kota melakukan pengecekan, sterilisasi dan pengamanan diseluruh gereja yang ada di Kota Tangerang. Kali ini, Polres Metro Tangerang Kota bersama petugas gabungan melakukan pengecekan ke Gereja Khatolik Hati Santa Perawan Maria, Kamis (22/12/2022).

“Beberapa hari ini Polri dan petugas gabungan sudah melakukan security assessment dan koordinasi dengan panitia diseluruh gereja di kota Tangerang. Terlebih mengecek langsung untuk melihat sejauh mana sistem pengamanannya, alur keluar masuk jamaat, titik parkir, termasuk kelengkapan sarana prasanan seperti CCTV, metal detector dan perlengkapan lainnya,” ungkap Kapolres dalam keterangannya.

Ia pun menyatakan, dari sejumlah gereja ada 12 gereja yang menjadi prioritas. Ini atas hitungan kerawanan lokasi gereja yang dipinggir jalan atau jumlah jemaat diatas 500 orang. Wilayah Kota Tangerang, dalam pengamanan Natru ada 1.338 personil gabungan yang dikerahkan untuk melakukan pengamanan lingkungan, lalu lintas hingga diseluruh gereja di Kota Tangerang.

“Dalam hal ini, Polres Metro Tangerang Kota beserta petugas gabungan memiliki 12 gereja prioritas. Di gereja ini, ada 31 petugas yang diturunkan dari Kepolisian, TNI dan Satpol PP dengan sistem pengamanan yang lebih ketat dan intens,” jelasnya.

Dalam sterilisasi gereja, Kepolisian juga melakukan koordinasi dengan petugas gereja untuk melakukan aturan kepada para jemaat. Diantaranya, tidak boleh membawa ransel, tidak membawa barang berbahaya serta tidak menggunakan earphone.

“Aturan ini harus dipatuhi bersama, saat pelaksanaan pun akan dilakukan sterilisasi yang cukup ketat oleh Polisi dan petugas keamanan gereja. Intinya, Operasi Lilin 2022 ini merupakan operasi kemanusiaan untuk umat kritiani dan masyarakat yang merayakan Natal. Ayo bekerjasama untuk melakukan pengamanan agar mereka aman dan nyaman selama beribadah,” imbaunya.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini