Beranda Pemerintahan Optimalkan Peran KIM, Diskominfo Cilegon Gelar Sosialisasi dan Pembinaan 

Optimalkan Peran KIM, Diskominfo Cilegon Gelar Sosialisasi dan Pembinaan 

Foto istimewa

CILEGON – Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, Sandi dan Statistik (Diskominfo) Kota Cilegon mengadakan Sosialisasi dan Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Cilegon di Hotel Grand Mangku Putra, Seni (28/10/2019).

Kegiatan tersebut dibuka langsung Wakil Walikota Cilegon Ratu Ati Marliati dan dihadiri Kadis Kominfo Kota Cilegon Achmad Jubaedi, Kabid Pengelola Informasi Komunikasi beserta jajaran, Wakil Ketua KIM Provinsi Banten Mas Mulyana, Ketua Forum Komunikasi KIM Kota Cilegon Ahmad Mahdi beserta pengurus KIM Kota Cilegon, Ketua KIM Kecamatan dan Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) se-Kota Cilegon.

Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati menyampaikan, pemerintah daerah sangat mengapresiasi dengan adanya Kelompok Informasi Masyarakat yang telah terbentuk di 8 kecamatan se-Kota Cilegon. Peran dan kemampuan KIM dalam penyebaran informasi perlu dioptimalkan.

Karenanya pihaknya selaku Wakil Walikota Cilegon mengapresiasi Dinas Kominfo yang telah menyelenggrakan kegiatan ini. Karena sosialisasi dan pembinaaan KIM se-Kota Cilegon ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan para pegiat kim dalam  pengelolaan informasi dan penyebaran informasi yang positif.

”Dengan keberadaan KIM, pemerintah sangat terbantu untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman  kepada masyarakat tentang pentingnya informasi dan melakukan cek dan  ricek terhadap suatu informasi yang diterima,” tuturnya.

Lebih lanjut Ati menyampaikan, sebagai fasilitatator dan komunikator yang berada diujung tombak pemerintahan, Dinas  Kominfo mempunyai peran strategis dalam mendistribusikan informasi dan program-program pemerintah kepada masyarakat.  Terlebih bila hal itu dikaitkan dengan hak masyarakat untuk memperoleh informasi dan kewajiban pemerintah untuk menyebarluaskan informasi yang menjadi kebutuhan masyarakat.

“Melihat kondisi ini Diskominfo Cilegon mengemban tugas untuk menjembatani informasi antara pemerintah dengan masyarakat atau sebaliknya. Dinas kominfo juga berkewajiban memberikan  pelayanan informasi secara cepat, benar, akurat dan transparan kepada masyarakat salah satunya melalui media massa sebagai penyebar informasi ke masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Cilegon Achmad Jubaedi dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan kepada pengurus, anggota  dan pegiat KIM se-Kota Cilegon, Serta Meningkatkan peranaan  KIM sebagai wahana penggerak partisipasi aktif masyarakat dalam hal penyampaian informasi dan penyalur aspirasi masyarakat.

Achmad Jubaedi menuturkan, kemajuan di bidang tekhnologi informasi yang sangat cepat saat ini sudah semestinya dapat disikapi dengan pemanfaataannya yang bernilai positif, baik untuk peningkatan kualitas pribadi maupun kualitas instansi/lembaga.

“Media internet merupakan salah satu komponen penting dalam penyebarluasan  informasi, guna menunjang berbagai aktivitas. Dan melalui internet dapat menjalin komunikasi, berbagai informasi dengan siapa saja di dunia ini. Sehingga kendala jarak dan waktu tidak menjadi permasalahan lagi. Keberadaan  KIM di Kota Cilegon sangat diharapkan untuk menjadi sarana komunikasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat langsung. Selain itu kelompok informasi masyarakat di kota cilegon diharapkan sebagai mitra pemerintah dalam penyebarluasan informasi kepada masyarakat,” ungkapnya.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini