Beranda Bisnis Onde-Onde Rainbow, Inovasi Makanan Lokal Kekinian UMKM Ciledug

Onde-Onde Rainbow, Inovasi Makanan Lokal Kekinian UMKM Ciledug

Onde-Onde Rainbow, Inovasi Makanan Lokal Kekinian - foto istimewa

TANGERANG – Pertumbuhan ekonomi Kota Tangerang terus berkembang. Seperti dari banyaknya pelaku UMKM yang bermunculan di Kota Tangerang. Mereka berinovasi membuat produk yang unik dan menarik di pasaran. Salah satunya, UMKM Kecamatan Ciledug, yakni D’Nandas Cake yang menjual aneka macam jajanan kue.

D’Nandas cake menjual berbagai macam aneka kue seperti arem-arem, bolu kukus, lemper, onde-onde ketawa, jajanan pasar, dan yang paling menarik adalah adanya onde-onde rainbow. Suminem selaku owner menceritakan ketertarikannya membuat onde-onde dengan berbagai macam warna untuk dapat menarik minat pembeli agar tidak bosan dengan jajanan lokal tersebut.

“Saat itu tahun 2020, pada masa pandemi Covid-19. Saya bersama ibu-ibu sekitar rumah membahas untuk membuat usaha aneka makanan. Karena kegemaran saya membuat kue basah, akhirnya saya memutuskan membuat aneka kue basah atau jajanan pasar. Lalu munculan ide untuk membuat onde-onde rainbow agar dapat mengikuti trend makanan saat itu seperti rainbow cake,” tutur Suminem, Kamis (26/10/2023).

Ia mengungkapkan pewarna pada onde-onde yang dibuatnya masih menggunakan sedikit pewarna makanan. Dengan macam-macam warna seperti merah, kuning, hijau, dan original, dengan aneka ukuran sedang dan besar.

“Saat itu saya jualan bersama yang lainnya di lapak dekat rumah, lalu mulai menerima pesanan melalui whatsapp, dan saat itulah semakin dikenal banyak orang,” ungkapnya.

D’Nandas Cake menjual beragam packaging onde-onde, dari mulai satuan, isi tiga, enam, delapan, sampai isian box sepuluh onde-onde. Dijual kisaran Rp3 ribu sampai Rp30 ribu. Suminem mengaku, saat ia mulai masuk menjadi anggota UMKM Kecamatan Ciledug, produknya semakin banyak dikenal luas. Bahkan produksi pesanan setiap harinya meningkat hingga 500 pieces sekali pesan.

“Saya bersyukur dengan bergabung sebagai anggota UMKM Kecamatan Ciledug, khususnya di Peninggilan ini, selain menerima banyak pesanan untuk berbagai kegiatan, juga diberikan kesempatan belajar banyak hal, dari mulai pemasaran, packaging, hingga pendaftaran HaKi dan sertifikat halal untuk produk saya. Apalagi saya juga bisa ikut berjualan bersama produk umkm lainnya di Gerai UMKM Ciledug,” ujar yang akrab disapa Ibu Nanda.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini