Beranda Olahraga Olahraga Rugby Mulai Diperkenalkan di Lebak

Olahraga Rugby Mulai Diperkenalkan di Lebak

93
0
Pengurus dan atlet rugby Kabupaten Lebak. (Ali/bantennews)

 

LEBAK – Cabang olahraga rugby kini mulai diperkenalkan di masyarakat Kabupaten Lebak.

Sukron, Ketua Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Kabupaten Lebak, mengatkan bahwa olahraga rugby adalah olahraga dengan media bola sebagai obyek utama untuk dibawa melewati garis gawang musuh dan membantingnya ke tanah untuk memperoleh nilai. Mungkin terdengar sederhana tapi ada satu yang perlu di ketahui yaitu untuk membawa bola ke depan, bola harus dilempar ke belakang.

“Olahraga rugby juga salah satu cabang olahraga seperti sepakbola tim. Olahraga rugby ini dimainkan oleh dua tim, para pemain pada setiap timnya akan mencoba berusaha mencetak skor dengan menyepak, melontarkan, atau membawa bola tersebut sehingga mereka bisa mencetak sebuah gol ke lawan atau dengan cara menyentuh pada garis belakang lawan. Hal itulah yang membuat rugby merupakan olahraga yang mempunyai aspek keunikan dan juga berbeda dengan olahraga yang lain,” katanya, Sabtu (30/11/2019).

Sukron menjelaskan, berdasarkan sejarah, olahraga rugby, berawal dari sebuah pertandingan sepakbola pada acara di sekolah tepatnya di kota Rugby di Inggris, pada tahun sekitar 1823, ada seorang anak laki-laki yang bernama William Webb Ellis kemudian lantas mengambil bola dan kemudian terus berlari menuju ke garis lawan. Kemudian setelah dua abad berlalu, sepakbola rugby ini mampu berevolusi menjadi sebuah cabang olahraga yang sangat populer di dunia, terlihat dari jutaan orang yang bermain, menyaksikan sekaligus menikmati dari permainan sepakbola rugby ini.

“Kini olahraga rugby sudah masuk ke Indonesia dan mulai diminati dan sudah masuk cabor dalam PON. Oleh karena itu saya mohon kepada semua pihak untuk membantu dan memberikan masukan agar rugby ini menjadi salah satu cabor kebaggaan di Lebak,” katanya.

Sementra itu Ketua DPRD Kabupaten Lebak Dindin Nurohmat berharap, kepada Ketua PRUI Lebak bisa berkomunikasi dengan cabor lain yang ada di bawah naungan KONI Lebak,

“PRUI Lebak diharapkan bisa membina atlet-atlet terbaik, baik dari kalangan pelajar, mahasiswa atau umum,” katanya. (Ali/Red)