Beranda Pariwisata Olahan Buah Maja Desa Kubang Baros Serang Jadi Juara Harapan Souvenir ADWI...

Olahan Buah Maja Desa Kubang Baros Serang Jadi Juara Harapan Souvenir ADWI 2023

Malam Anugerah Desa Wisata di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Minggu, 27 Agustus 2023.
Malam Anugerah Desa Wisata di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Minggu, 27 Agustus 2023.

KAB. SERANG – Desa Wisata Kubang Baros, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang berhasil menyabet juara harapan kategori Souvenir Desa Wisata Terbaik. Tak hanya itu, wilayah yang dipimpin oleh Kades Aang Fathoni tersebut juga masuk dalam 75 besar pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Penghargaan ADWI diterima langsung oleh Kades Kubang Baros, Aang Fathoni dan juga dihadiri Camat Cinangka, Tuti Setyawati, Kepala Disporapar, Anas Dwi Satya Prasadya, serta Kepala Bidang Bina Destinasi dan Sarana Pariwisata Disporapar Kabupaten Serang Imron.

Kepala Disporapar Kabupaten Serang, Anas Dwisatya Prasada mengatakan, Desa Kubang Baros merupakan desa rintisan. Meski begitu, desa tersebut rupanya mampu bersaing dengan 4.573 desa lain yang mendaftar ADWI dan masuk dalam 75 besar.

”Alhamdulillah Kubang Baros masuk ke-75 besar, dari peserta sebanyak 4.573 desa yang mendaftar ADWI,” ujar Anas pada Selasa (29/8/2023).

Anas menyebutkan dalam ajang tersebut, Desa Kubang Baros mendapatkan 10.000 like dan ratusan komentar yang positif.

“Sebenarnya ada dua kategori, terbaik dan favorit. Kalau favorit yang di like di medsos, kalau terbaik yang penataannya benar-benar terbaik bagus, desanya memang sudah siap,” ucap pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Diskominfosatik Kabupaten Serang tersebut.

Kendati demikian, Anas menyadari jika Desa Kubang Baros masih membutuhkan banyak evaluasi untuk meningkatkan statusnya menjadi terbaik. Indikator Desa Wisata Terbaik diantaranya harus menerapkan 3A yakni Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas.

Pada ADWI 2023, Desa Kubang Baros menonjolkan olahan buah maja sebagai ekonomi kreatif atau ekraf. Buah itu diolah menjadi jamu dan tas serta tempat lampu.

“Makanya kenapa Desa Kubang Baros dapat kategori souvenir karena memang bagus, dari awal juga saya yakin itu karena bagus ekrafnya. Itu langka,” tuturnya.

Dengan berhasil meraih juara harapan, keuntungan yang didapat Desa Wisata Kubang Baros adalah antara lain akan lebih dikenal masyarakat dan memotivasi masyarakat setempat untuk ikut dalam membangun suasana wisata di desanya.

“Kemudian akan dapat lebih berkolaborasi dengan dunia usaha, memotivasi masyarakat untuk berkembang kreatifitasnya menggali potensi yang ada di Desa Kubang Baros,” ucapnya. (Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News