Beranda Pariwisata Tempat Kelahiran Syeh Nawawi di Tanara Bakal Jadi Kawasan Religi

Tempat Kelahiran Syeh Nawawi di Tanara Bakal Jadi Kawasan Religi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mulai menata kawasan Masjid Syeh Nawawi Kecamatan Tanara, Serang. (Wahyu/bantennews)

SERANG – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mulai menata kawasan Masjid Syeh Nawawi Kecamatan Tanara, Serang. Area tempat tinggal Wakil Presiden Ma’ruf Amin tersebut akan disulap menjadi kawasan Islamic Center.

Dirjen Bina Penataan Pembangunan Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan tradisi haul untuk memperingati Syeh Nawawi al-Bantani di kawasan tersebut menjadi magnet yang menarik banyak orang untuk datang ke Tanara. Kenyamanan pengunjung merupakan salah satu pertimbangan dalam penataan kawasan tersebut.

Selain melakukan penataan kawasan wisata religi, pihaknya akan membangun juga situs-situs Syekh Nawawi. Syekh Nawawi al-Bantani merupakan ulama berkaliber internasional yang pernah menjadi guru besar di Masjidil Haram.

“Kita akan menata kawasan masjid Tanara ini yang sudah perencanaan tahun lalu bahwa kita akan merapihkan kawasan ini karena masjid ini sering dilakukan haul dan menampung orang yang banyak,” kata Diana saat peletakan batu pertama pembangunan kawasan Masjid Syeh Nawawi Al Bantani di Tanara, Serang, Kamis (3/10/2019).

Sejauh ini, lanjut dia, sarana kurang memadai. Mulai dari ketersediaan dan kebersihan toilet, kebersihan lingkungan masih kurang memadai. “Sampah berserakan di mana-mana kemudian masuk ke toilet gelap dan kotor, pesing, airnya gak ada,” jelasnya.

Diana menyampaiakan, ada tiga projek pembangunan yang sedang dikerjakan di Serang, diantaranya kawasan religi Syeh Nawawi Tanara, Pusat Kajian Kitab Kuning dan Wisata Air Sungai Ciujung.

“Masjid itu merupakan cadar budaya kita tidak sentuh hanya penataan kawasan dan jalan. Nanti akan ada pembinaan khusud teknis di lapangan terutama untuk menjaga kondusifitas di kawasan ini,” katanya.

Proyek penataan kawasan tersebut ditarget rampung pada tanggal 29 Desember 2019. Pantauan di lokasi, pekerja tengah membangun pondasi dan bangunan lain. Sementara itu para pedagang yang biasanya menjajakan dagangan di lokasi telah direlokasi ke tempat lain.

Sebelumnya, Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin berjanji akan menyulap Kecamatan Tanara, Serang, Banten tersebut menjadi tempat wisata religi dan Islamic Center. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini