Beranda Olahraga Obor Asian Games 2018 Akan Singgah di Banten, Ini Rutenya!

Obor Asian Games 2018 Akan Singgah di Banten, Ini Rutenya!

120
0
Obor Asian Games - foto istimewa IDN Times

SERANG – Api obor Asian Games 2018 akan singgah di Provinsi Banten Banten pada 9-10 Agustus 2018 mendatang. Kesempatan tersebut akan dimanfaatkan untuk memperkenalkan budaya dan tempat wisata di Banten.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy. “Masing-masing daerah yang dilintasi api obor itu akan menyambut meriah dengan kesenian dan budaya khas Banten,” kata Andika beberapa waktu lalu di Kota Serang.

Adapun rute yang akan dilalui api obor mulai dari Kota Cilegon, Kabupaten Serang dan Kota Serang. Melalui Pelabuhan Merak dan berakhir di Museum Banten. Setibanya di Pelabuhan Merak, Api Obor Asian Games 2018 rencananya akan tiba dan diarak menuju Kota Cilegon dengan disambut Plt Wali Kota Cilegon Edi Ariadi.

Selanjutnya api obor akan dibawa ke perbatasan Cilegon dan Serang. Disitu akan disambut Bupati Serang Tatu Chasanah dilanjutkan menuju objek wisata Tasikardi.

Selanjutnya, api obor akan singgah di Masjid Banten Lama yang menjadi ikon Provinsi Banten. Obor kemudian dibawa ke Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang dan dilanjutkan dengan pawai jalan kaki menuju Museum Banten.

Andika mengatakan, secara umum Pemerintah Provinsi Banten siap menjadi tuan rumah cabang olahraga Modern Pentathlon yang akan dipertandingkan pada Asian Games Agustus 2018 mendatang.

“Kita sudah cek venue-nya, Insya Allah siap. Mudah-mudahan Banten menjadi tuan rumah yang baik dan bisa memberikan kontribusi warna yang positif bagi Indonesia,” kata Andika.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Banten, Ai Dewi Suzana menjelaskan saat ini venue cabor Pentathlon di SMA Adria Pratama Mulya, Tigaraksa, Tangerang sudah 90 persen siap digunakan. Tinggal memperbaiki akses jalan menuju venue saja.

“Pada prinsipnya kita sudah siap. Venue-nya, fasilitas, sarana. Tinggal menunggu hari pertandingan saja,” ujar Dewi saat menjadi narasumber diskusi “Peran Media Massa Dalam Menyukseskan Asian Games 2018.”

Dia menjelaskan, Pentathlon merupakan gabungan olahraga anggar, renang gaya bebas, berkuda palang rintang, menembak dan lintas alam. “Saat ini sedang memperbaiki kolam renang, untuk lintasan berkuda sudah siap,” jelasnya.

Terkait publikasi dan promosi, dia menyatakan, selain Pemprov, KONI Banten menyiapkan dan membantu spanduk dan baliho tentang pelaksanaan pesta olahraga empat tahun sekali itu.

“Biar gema dan promosi Asian Games semakin terasa dan diharapkan membuat masyarakat antusias menyambut Asian Games,” ujarnya. (You/Red)