Beranda Advertorial Nilai Survey Kepuasan Masyarakat di Lingkungan RSUD Provinsi Banten Masuk Kategori Baik

Nilai Survey Kepuasan Masyarakat di Lingkungan RSUD Provinsi Banten Masuk Kategori Baik

RSUD Banten. (Gilang)

SERANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten memperoleh skor survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada kategori baik. Hal itu berdasarkan survey kepuasan pelanggan yang telah dilakukan pada tahun 2022 dengan hasil nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yaitu 81,11 dengan kategori Baik, hal ini dapat disebabkan salah satunya karena layak dan nyamannya bangunan RSUD Banten.

Pelaksanaan pengukuran survey kepuasan masyarakat di Lingkungan RSUD Provinsi Banten ini diselenggarakan mulai Oktober – Desember 2022 kemarin, dengan survey kepada 558 responden, terdiri dari 209 orang reponden laki-laki dan 349 responden perempuan.

Kemudian untuk sebaran pendidikan responden yaitu sebanyak 109 orang berpendidikan SD, 122 orang berpendidikan SMP, 202 orang berpendidikan SMA, 121 orang dengan tingkat D3/S1 dan sebanyak 4 orang dengan tingkat pendidikan S2/S3.
Pelaksanaan survei kepuasan masyarakat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat.

Dimana, survei kepuasan masyarakat bertujuan mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.
Beberapa unsur-unsur yang menjadi fokus dalam pelaksanaan survei kepuasan masyarakat terdiri dari 9 unsur.

Antaranya, hasil dari pelaksaan Survey terhadap 9 unsur di RSUD Banten, diperoleh bahwa sebesar 80,09% menyatakan puas terhadap kesesuaian persyaratan, 80,00% menyatakan puas untuk unsur kesesuaian prosedur, 80,82% untuk unsur kesesuaian jangka waktu pelayanan, 87,57% menyatakan puas untuk unsur kesesuaian biaya, kemudian 80,08% untuk unsur kesesuaian produk, 80,12% untuk unsur kesigapan petugas, 82,16% untuk unsur perilaku petugas, sebesar 80,53% menyatakan puas untuk unsur kepuasan terhadap layanan pengaduan dan 78,67% untuk unsur sarana dan prasarana.

Hasilnya, survei kepuasan masyarkat pada periode Oktober-Desember 2022 (Triwulan IV) di 9 Instalasi RSUD Banten diperoleh hasil akhir yaitu nilai IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat) sebesar 81,11 dengan kategori penilaian Baik sesuai Indeks Kepuasan Masyarakat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini