Beranda Gaya Hidup Mumpung Masih Ada dan Sebelum menyesal, Berbuat Baiklah pada Orangtua!

Mumpung Masih Ada dan Sebelum menyesal, Berbuat Baiklah pada Orangtua!

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Orangtua yang mencintaimu pertama kali bahkan sebelum kamu hadir di dunia. Mereka mendoakan yang terbaik untukmu bahkan mulai dari sebelum kamu lahir. Mereka merawatmu hingga bertumbuh besar sampai kamu mampu memilih jalanmu sendiri dan bertanggung jawab dengan setiap pilihanmu.

Sejak itu, kita merasa cukup “dewasa” untuk melakukan apapun yang kita mau, bahkan sampai gak jarang kita mengacuhkan nasihat atau pengingat dari orangtua kita sendiri. Padahal prioritas mereka sejak kamu hadir dalam hidup mereka adalah tetap dirimu dan kebahagiaanmu.

Mungkin keseharianmu berjalan seperti apa adanya dan seperti seharusnya, tapi kamu akan merasakan beberapa perubahan besar ketika orangtuamu sudah gak ada. Berikut seperti dikutip dari IDN Times.

1. Rumah akan terasa jauh lebih sepi

Gak ada lagi panggilan namamu, suara tertawa mereka ataupun hal-hal yang biasa mereka ucapkan, suara yang mereka suka buat, serta senandung yang mereka nyanyikan di dalam rumah. Ruang tidur mereka mulai memudar dari wangi khas mereka dan hanya ada bantal guling serta perlengkapan yang tersusun rapi.

2. Ponselmu gak akan berdering sesering dulu dengan sambutan suara ayah atau ibumu

Mungkin menelpon mereka secara berkala hanya sebatas untuk tahu kabar, bahkan kadang panggilan dari mereka datang di saat yang gak tepat dan membuatmu kesal. Tapi kamu perlu tahu bahwa yang mereka pedulikan dalam hidup mereka itu kamu, mereka cukup ingin tahu kabarmu.

3. Gak ada lagi yang paling tahu makanan minuman kesukaanmu, obat yang paling cocok denganmu saat kamu sakit

Ketika kamu gak nafsu makan atau sedang gak enak badan, gak ada lagi yang benar-benar tahu kamu paling doyan apa di saat itu. Membuatmu lebih aman, tenang dan nyaman sehingga kamu lebih cepat sembuh serta semangat lagi. Apa kamu gak suka kipas angin, gak suka selimut atau makan harus pakai ini itu, mereka lah yang paling mengenalmu.

4. Gak ada lagi tempat berkeluh kesah secara langsung, yang paling mengenalmu seperti apa

Mungkin sahabat terdekat memang mengenal segala kenalakanmu yang kamu rahasiakan dari orangtua. Tapi nasihat orangtua yang paling mengenalmu sejak kecil adalah yang akan paling menenangkanmu. Mereka terbiasa ada denganmu saat kamu susah dan senang, sehingga mereka tahu solusi yang cocok untukmu.

5. Kamu akan melihat postingan temanmu yang sedang bersama orangtuanya secara berbeda

Dulu mungkin kamu melihat postingan liburan keluarga teman-temanmu biasa saja. Ketika orangtuamu telah tiada, kamu akan merindukan masa kebersamaan dengan mereka.

6. Gak ada lagi yang selalu sedia membantumu ketika kamu sedang kekurangan atau kesusahan

Jika kamu kekurangan uang, orangtua tanpa pikir panjang akan memberikanmu tanpa terhitung sebagai utang walaupun mereka sendiri sedang dalam kekurangan. Ketika kamu sedang kesusahan, tanpa babibu mereka akan memprioritaskan kepentinganmu. Gak ada orang lain yang bisa memperlakukanmu seperti itu.

7. Keakrabanmu dengan anggota keluarga besar yang lain gak akan sama

Orangtua adalah jembatanmu untuk berhubungan akrab dengan anggota keluarga besar yang lain. Ketika mereka telah tiada, rasa keakraban itu akan berbeda.

8. Mungkin kamu sempat berpikir tanpa orangtua hidupmu akan lebih bebas, ternyata itu salah

Banyak memang yang berpikir jika gak ada orangtua mungkin hidupnya akan gak terkekang banyak aturan ini itu dan jauh lebih bebas. Namun pada akhirnya kamu akan merindukan sosok yang selalu bisa mengontrolmu agar gak kebablasan dalam bertindak dan rela dibenci karena tegas mengingatkan hanya demi kebaikanmu sendiri.

9. Gak ada lagi orang yang akan selalu membelamu tanpa ada kepentingan khusus

Jika kamu salah, mungkin kamu akan dimarahi dan dinasihati secara keras. Namun sesalah-salahnya kamu, orangtua akan selalu berusaha membelamu sekuat yang mereka bisa tanpa mengharapkan balasan apapun darimu.

10. Sudah gak ada lagi orang yang pasti akan mendoakanmu di setiap kesempatan mereka

Orangtua adalah sosok yang selalu mendoakan kebaikan dan keberhasilanmu di segala kesempatan mereka. Jika kamu mendapatkan sesuatu yang baik dalam hidup, itu artinya doa mereka didengar oleh-Nya.

11. Anak cucumu mungkin gak berkesempatan mengenal betapa hebatnya kakek atau nenek mereka

Kamu mungkin hanya bisa menceritakan tentang kehebatan serta kebaikan orangtuamu kepada anak-anakmu tanpa mereka menyaksikan secara langsung. Kamu hanya bisa menunjukkan lewat foto sambil terus menceritakan semua hal baik tentang mereka.

12. Ketika kamu akhirnya menyadari kesalahan yang pernah kamu lakukan, kamu sudah gak bisa lagi minta maaf

Ada kalanya kamu di”tampar” oleh suatu kejadian dalam hidupmu yang dilakukan oleh seseorang, kemudian kamu menyadari bahwa kamu pernah melakukan hal yang sama kepada orangtuamu. Saat itu terjadi, kamu sudah gak bisa lagi minta maaf ke mereka.

13. Kamu akan mudah terkenang kembali dengan memori ketika melihat apapun yang berhubungan dengan mereka

Hal yang gak bisa dihindari adalah tiba-tiba menemukan sesuatu yang berhubungan dengan mereka yang akan membuatmu teringat tentang mereka.

14. Kamu hanya bisa membayangkan mereka tersenyum dari sana, ketika kamu mencapai prestasi yang berharga. maloomaat.com

Betapa menyenangkannya ketika kamu bisa menyaksikan ekspresi bangga orangtuamu ketika kamu mencapai sesuatu. Ucapan selamat sekaligus bangga memilikimu sebagai anak mereka itu sesuatu yang tak ternilai harganya.

Waktu gak akan pernah kembali, penyesalan itu sama sekali gak bermanfaat apapun ketika semua sudah gak bisa diubah. Manfaatkan setiap momen kesempatan bersama orangtuamu. Ciptakan cerita-cerita indah bersama mereka dan bahagiakan lah mereka. Kita hanya bisa berharap semoga ini gak terjadi. Ungkapkan sayangmu ke mereka sekarang yuk! (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini