Beranda Hukum Mulai Hari Ini Polda Banten Laksanakan Operasi Kalimaya

Mulai Hari Ini Polda Banten Laksanakan Operasi Kalimaya

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Wibowo. (Wahyu/bantennews)

 

SERANG – Kepolisian Daerah (Polda) Banten melalui Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) akan menggelar Operasi Keselamatan Kalimaya Tahun 2020. Tujuan dari operasi ini untuk menciptakan masyarakat tertib berlalu lintas menjelang pelaksanaan Operasi Kalimaya Mudik Lebaran Idul Fitri dan membantu mencegah penyebaran virus corona.

“Rencananya, Operasi Keselamatan Kalimaya akan dimulai besok Senin tanggal 06 hingga19 April 2020 dengan melibatkan 600 personil gabungan Ditlantas dan Satlantas jajaran. Operasi tersebut akan dilaksanakan di seluruh wilayah hukum Polda Banten,” kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Banten Komisaris Besar (Kombes) Pol Wibowo kepada wartawan, Minggu (5/4/2020).

Menurut Wibowo, Operasi Keselamatan Kalimaya Covid-19 lebih ini dilakukan untuk mewujudkan keamanan berlalu lintas serta mencegah penyebaran Covid-19 ditengah masyarakat.

Ia menyatakan lewat operasi itu nantinya akan diselingi dengan memberikan imbauan, sosialisasi, edukasi, pamasangan baleho dan spanduk kepada masyarakat untuk bersama tertib berlalulintas dan mencegah penyebaran Covid-19 dengan berpedoman pada protokol pandemi Covid-19. Juga dilaksanakan langkah preventif, penjagaan, pengaturan, pengawalan dan patroli.

Dalam upaya mencegah pandemi Covid-19, Dirlantas juga mengimbau kepada masyarakat untuk membiasakan diri untuk melaksanakan pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan sesuai kebutuhan, olah raga, menggunakan masker, istirahat cukup, serta cuci tangan dengan sabun setelah ataupun sebelum beraktifitas. Kegiatan ini merupakan bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat dalam mencegah penyebaran virus corona sesuai maklumat Kapolri.

“Kita akan selalu berusaha maksimal khususnya dalam mensosialisasikan upaya – upaya pencegahan penyebaran virus yang mematikan ini, dan kiranya masyarakat untuk tidak panik namun tetap melakukan upaya-upaya pencegahan yang tepat. Saya juga mengajak masyarakat agar menerapkan social distancing, hindari aktivitas di luar rumah, jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan,” tandasnya.

Perlu diketahui operasi keselamatan ini digelar serentak diseluruh Indonesia. Untuk itu, Kombes Pol Wibowo berharap kegiatan tersebut berjalan lancar. Masyarakatpun diminta mematuhi anjuran pemerintah agar terhindar dari Covid-19. (you/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini