Beranda Pemerintahan MPP Pandeglang Diklaim Jadi Rujukan Puluhan Kabupaten dan Kota Terkait Pelayanan

MPP Pandeglang Diklaim Jadi Rujukan Puluhan Kabupaten dan Kota Terkait Pelayanan

Bupati Pandeglang Irna Narulita (tengah) didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu Pandeglang Ida Novaida (kiri) saat merayakan HUT ke 2 MPP Pandeglang.

PANDEGLANG – Di hari ulang tahunnya yang kedua, Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Pandeglang diklaim telah menjadi rujukan dalam pelayanan oleh puluhan kabupaten/kota yang ada di Indonesia. Setidaknya, sudah 39 kabupaten/kota lain yang datang untuk melakukan studi tiru ke MPP Pandeglang.

Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pandeglang, Ida Novaida selaku dinas pengelola MPP Pandeglang mengatakan, selain menjadi rujukan kabupaten/kota lain MPP Pandeglang juga sudah meraih beberapa penghargaan dari kementerian terkait pelayanan kepada masyarakat.

“MPP Pandeglang ini menjadi rujukan pembuatan MPP bagi daerah-daerah lain di Indonesia. Karena sudah ada puluhan Kabupaten/Kota yang datang ke kami untuk belajar pengelolaan MPP. Sejak berdirinya MPP pada tahun 2020 lalu. Alhamdulillah dua tahun berturut-turut mendapat penghargaan dan kami pun tahun kemarin bisa menyumbangkan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp6 miliar ke Pemda Pandeglang,” kata Ida saat merayakan HUT MPP kedua di gedung MPP Pandeglang, Jumat (2/9/2022).

Menurutnya, keberhasilan MPP Pandeglang selama 2 tahun ini tidak lepas dari kerja keras dan kerjasama semua pihak. Kata dia, MPP tidak mungkin bisa seperti saat ini jika semuanya tidak kompak.

“Selain itu dukungan dari semua pihak, dan kekompakan serta komitmen para pegawai yang ada di lingkungan MPP menjadi salah satu kuncinya. Sehingga MPP Pandeglang menjadi rujukan di Indonesia,” terangnya.

Ia menjelaskan, saat ini ada 26 konter di MPP Pandeglang yang telah memberikan layanan pada 1.173 warga yang membutuhkan layanan. “Sekarang pelayanan bertambah yang tadinya sebanyak 110 layanan menjadi 1.173. Dan konter pun yang tadinya sebanyak 24 nambah dua menjadi 26 konter layanan,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengapresiasi kepada pengelola MPP Pandeglang, sehingga MPP Pandeglang ini menjadi rujukan daerah-daerah lain di Indonesia. Padahal kata Irna, anggaran untuk membangun MPP tersebut cukup terbatas, tidak seperti di daerah lain yang besar-besar anggara pembangunan MPP nya.

“Tapi, dengan anggaran minim itu MPP Pandeglang menjadi acuan daerah lain. Tentu ini berkat kegigihan, kekompakkan serta semangat pegawainya sehingga MPP Pandeglang makin maju,” tambahnya.

(Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ