Beranda Olahraga Meski Menang, Brasil Susah Payah Hadapi Kosta Rika

Meski Menang, Brasil Susah Payah Hadapi Kosta Rika

Foto istimewa detik.com

RUSIA – Brasil berjasil menang meski susah payah mengalahkan Kosta Rika dalam duel matchday kedua Grup E di Piala Dunia 2018. Selecao menang 2-0 berkat dua gol di injury time.

Dalam laga yang berlangsung di Saint Petersburg Stadium, Saint Petersburg, Jumat (22/6/2018) malam WIB, Brasil dan Kosta Rika berimbang 0-0 sampai 90 menit waktu normal.

Situasi berubah di masa injury time. Brasil berhasil keluar sebagai pemenang setelah melesakkan dua gol lewat Philippe Coutinho dan Neymar.

Kemenangan ini membuat Brasil untuk sementara memimpin Grup E dengan empat poin. Sementara itu, kekalahan ini bikin Kosta Rika dipastikan tersingkir dari Piala Dunia setelah menelan dua kekalahan.

Apapun hasil antara Serbia vs Swiss yang akan berlangsung, Sabtu (23/6/2018 dinihari WIB, tidak bisa memperpanjang napas Kosta Rika. Serbia untuk saat ini mengantongi tiga poin dan Swiss satu poin.

Baca juga: Wow, Suporter Brasil Sukses Bikin Hati Meleleh

Jalannya Pertandingan

Brasil mengambil kontrol permainan di awal-awal. Peluang langsung didapatkan lewat tembakan Philippe Coutinho dari luar kotak penalti, namun bola masih sedikit melambung di atas mistar gawang Keylor Navas.

Kosta Rika mencoba melakukan serangan balik di menit kelima, tetapi umpan daerah kepada Marco Urena berhasil didahului Thiago Silva.

Brasil nyaris kebobolan di menit ke-13. Cristian Gamboa berhasil menyisir dari sisi kanan permainan dan melepaskan umpan tarik yang membuka pertahanan Brasil. Bola disambar oleh Celso Borges, namun masih melebar dari gawang Alisson Becker.

Belum ada gol selama laga berjalan 15 menit. Brasil masih kesulitan masuk ke dalam kotak penalti Kosta Rika, sebaliknya sang lawan beberapa kali membuat ancaman lewat serangan balik.

Brasil sempat berhasil merobek gawang Kosta Rika di menit ke-26. Gabriel Jesus, yang mendapatkan sodoran bola dari Marcelo melepaskan tembakan voli di kotak penalti. Bola meluncur deras ke gawang Navas, namun wasit menganulir gol tersebut setelah Jesus berada di posisi offside.

Willian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti di menit ke-34. Akan tetapi, percobaan itu belum membuahkan hasil, bola melambung di atas gawang.

Brasil terus menekan Kosta Rika, namun mereka masih kesulitan masuk ke kotak penalti. Permainan umpan-umpan silang pun tak terhindarkan. Percobaan itu masih juga kandas.

Tembakan pertama yang mengarah ke gawang di laga ini baru tercipta di menit ke-41 lewat kaki kanan Marcelo. Tapi bola hasil tembakannya dari luar kotak penalti masih bisa ditangkap Navas. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Brasil mendapat dua peluang emas saat babak kedua baru berjalan lima menit. Bola hasil sundulan Jesus menerpa mistar gawang. Bola liar kemudian mengarah kepada Coutinho yang berdiri bebas di dalam kotak penalti, namun bola berhasil diblok Gamboa sebelum meluncur ke dalam gawang Kosta Rika.

Peluang emas kembali datang di menit ke-56. Neymar melepaskan tembakan dari jarak dekat dengan memanfaatkan umpan silang dari sisi kiri, namun bola masih bisa ditepis Navas.

Kosta Rika nyaris tanpa peluang di babak kedua sejauh ini. Sebaliknya, Brasil terus menggempur pertahanan Kosta Rika.

Brasil mendapatkan pelaung emas di menit ke-72 setelah Johnny Acosta gagal menguasai bola dengan baik. Neymar berhasil mengambil bola dan membawanya menuju depan kotak penalti. Tembakan dilepaskan, namun bola masih melenceng tipis di sisi kiri gawang Navas.

Wasit Bjorn Kuipers sempat menunjuk titik penalti untuk Brasil setelah Neymar dijatuhkan pemain Kosta Rika di menit ke-79. Perdebatan terjadi dan Video Assistant Referee (VAR) pun bekerja hingga si wasit menganulir keputusannya.

Intensitas tekanan dari Brasil sedikit menurun, namun Selecao tetap dalam kendali permainan. Tembakan dari luar kotak penalti di menit ke-85 dilepaskan Coutinho dari luar kotak penalti, namun bola masih tepat jatuh di pelukan Navas.

Navas tampil sangat gemilang di laga ini. Kiper dari klub Real Madrid itu membuat tujuh penyelamatan sampai menit ke-89.

Pertahanan Kosta Rika akhirnya runtuh di masa injury time. Berawal dari umpan silang, Roberto Firmino menanduk bola ke arah Jesus yang berupaya mengontrolnya, namun bola lebih dulu disambar Coutinho dari jarak dekat yang tak mampu dihentikan Navas.

Brasil tak mengendurkan tekanan dan mereka berhasil memperbesar skor menjadi 2-0 lewat gol Neymar. Pemain Paris Saint-Germain itu menceploskan gol usai menyambar umpan silang Douglas Costa. Skor tersebut bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain
Brasil: Alisson; Fagner, Thiago Silva, Miranda, Marcelo; Casemiro, Paulinho (Firmino 68′); Willian (Douglas Costa 46′), Coutinho, Neymar; Gabriel Jesus (Fernandinho 90′).

Kosta Rika: Navas; Gamboa (Calvo 75′), Gonzalez, Acosta, Duarte, Oviedo; Venegas, Guzman (Tejeda 83′), Borges, Bryan; Urena (Bolanos 54′). (Red)

Sumber : detik.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini