Beranda Uncategorized Menurut Pengamat Politik Soal Peluang Calon Walikota di Pilkada Cilegon

Menurut Pengamat Politik Soal Peluang Calon Walikota di Pilkada Cilegon

(foto: tribunnews.com)

SERANG – Kandidat pada kontestasi Pilkada Cilegon 2020 mulai banyak bermunculan, baik incumbent maupun calon baru.

Sebagai kota industri, posisi Walikota Cilegon tentu punya daya tawar yang tinggi.

Pengamat Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang, Gandung Ismanto punya analisa terkait Pilkada Cilegon 2020.

Menurutnya, Calon yang cukup serius maju pada Pilkada Cilegon adalah Ratu Ati Marliati. Menurutnya, majunya Ati Marliati dalam kontestasi lima tahunan itu, punya nilai tersendiri.

Menurut Gandung, meskipun Ratu Ati relatif baru di dunia politik, tetapi Wakil Walikota Cilegon itu adalah birokrat tulen yang telah lama malang-melintang lama malang melintang dan dikenal masyarakat.

Terutama tentu saja saat mendampingi almarhum ayahnya di berbagai kegiatan sosial keagamaan dan kemasyarakatan sewaktu Tb Aat Syafa’at hidup.

“Popularitas yang mengiringinya saya kira berkorelasi dengan track recordnya tersebut. Modal sosialnya secara personal ini menjadi lebih besar mengingat dukungan tokoh-tokoh masyarakat Cilegon yang masih loyal terhadap keluarga almarhum ayahnya,” ucap Gandung, Minggu (2/2/2020).

Di atas kertas, lanjut Gandung, Ratu Ati punya kans cukup besar untuk keluar sebagai pemenang Pilkada.

“Meski secara politik masih akan ditentukan oleh figur pendampingnya, serta kemampuannya mengkonsolidasi kekuatan partai politik dan berbagai elemen masyarakat seperti yang dulu dibangun oleh ayahnya,” terang dia.

Berbicara soal calon lainnya, Gandung menilai bahwa tokoh lain yang paling serius menghadapi Pilkada Cilegon 2020 adalah Helldy Agustian dari Partai Berkarya.

“Saya lihat Helldy yang paling serius. Investasi sosial dan politiknya juga sudah banyak dan lama dilakukan. Namun tentu saja tidak mudah, karena bagaimanapun ia berhadapan dengan Bu Ati yang bukan hanya petahana, tetapi juga mewarisi trah kepemimpinan,” pungkasnya.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini