Beranda Pendidikan Menuju Kampus Terbuka Informasi, Untirta Gelar Pelatihan Kompetensi Jurnalistik

Menuju Kampus Terbuka Informasi, Untirta Gelar Pelatihan Kompetensi Jurnalistik

808
0
Pelatihan Peningkatan Kompetensi dalam Bidang Jurnalistik yang diikuti perwakilan fakultas di Kota Serang, Selasa (22/9/2020).

SERANG – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) berupaya mendorong keterbukaan informasi. Sebagai kampus negeri di Banten, Untirta akan menghidupkan laman atau website sebagai acuan informasi untuk sivitas akademika maupun publik secara luas.

Itu dikatakan Wakil Rektor 4 Untirta, Aceng Hasani saat membuka Pelatihan Peningkatan Kompetensi dalam Bidang Jurnalistik yang diikuti perwakilan fakultas di Kota Serang, Selasa (22/9/2020).

Aceng menyebutkan bahwa Untirta membutuhkan sosok, baik dari dalam maupun luar untuk berkomitmen membangun keterbukaan informasi.



Oleh karenanya, melalui pelatihan tersebut, Aceng berharap setiap perwakilan unit fakultas yang hadir mampu menggali potensi menulis dan berintegrasi dalam menghidupkan situs laman Untirta.

“Dengan terisinya konten-konten informasi di seluruh fakultas, sebagai perguruan tinggi harapannya kita bisa lebih informatif dan semakin melesat kearah yang lebih baik,” kata Aceng di hadapan pegawai perwakilan fakultas.

Pelatihan yang melibatkan narasumber dari berbagai jenis media mulai dari daring, cetak dan televisi tersebut diinisiasi oleh Sub Bagian Humas Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan Untirta. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi menulis antara dosen dan tenaga pendidik menuju keterbukaan informasi.

“Sebagai perguruan tinggi kami wajib melakukan publikasi dan membangun keterbukaan informasi. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008,” kata Kasubag Humas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Veronica Dian, usai pelaksanaan acara.

Sebagai perguruan tinggi negeri di Banten, kata Dian, salah satu tantangan yang dihadapi Untirta adalah kurang beragamnya muatan informasi yang bersifat akademis dan muatan umum lainnya. Hal itu lantaran masih terpusatnya produksi konten informatif melalui peran humas.

“Agar informasi lebih kaya dan selalu ada update terbaru dari tiap-tiap fakultas, kami ingin menggerakkan sumber daya yang ada di tiap unit turut berkontribusi sebagai pengelola web (laman),” tuturnya.

Jumlah kunjungan laman yang kian meningkat juga menjadi dorongan tersendiri bagi Untirta untuk menyediakan konten yang lebih variatif dan informatif.

(Afifah/Mg/Red)