Beranda Bisnis Menteri Bahlil Minta Tak Ganggu Investasi di Cilegon

Menteri Bahlil Minta Tak Ganggu Investasi di Cilegon

Menteri Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Bahlil Lahadalia saat berkunjung ke PT Lotte Chemical Indonesia - foto istimewa

CILEGON –  Menteri Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Bahlil Lahadalia meminta semua pihak untuk tidak mengganggu investasi di Kota Cilegon, khususnya di PT Lotte Chemical Indonesia.

Pernyataan Bahlil tersebut disampaikan saat melakukan kunjungan kerja di PT Lotte Chemical Indonesia, di Kelurahan Gerem dan Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Minggu (12/3/2023).

“Kepada teman-teman saya pengusaha, tolong ini jaga investasi. Nanti kalau mau demo-demo lagi dengan alasan tidak jelas, saya perintahkan Satgas Investasi untuk menurunkan aparat keamanan. Jangan ganggu investasi. Negara kalau mau maju, harus pro investasi,” tegas Bahlil.

Kunjungan menteri tersebut didampingi Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Didik Farkhan Alisyahdi, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Kepala Kejaksaan Negeri Cilegon Diana Wahyu Widiyati, serta unsur yang mewakili Forkopimda baik dari Provinsi Banten maupun Kota Cilegon.

Dari rencana total investasi Lotte sebesar Rp60 triliun, kata Bahlil, yang sudah direalisasikan sebanyak Rp24 triliun. Mulai dari pembebasan lahan pada 2016, reklamasi hingga konstruksi sekarang yang sudah mencapai 38 persen.

“Pasti biaya investasinya mahal karena banyak hantu-hantunya. Bayangkan pada tahun 2019-2020 kami selesaikan gangguan hantu tadi dengan cara-cara yang tidak lazim,” ujar Bahlil seraya menegaskan bahwa hantu yang dimaksud adalah gangguan keamanan dari pihak-pihak tertentu.

Sebagaimana perintah Presiden Joko Widodo, kata Bahlil, dirinya akan terus memantau perjalanan investasi di Cilegon bersama wali kota, gubernur dan Forkopimda.

“Kami datang hari Minggu yang harusnya libur, untuk mengecek pabrik petrochemical milik Lotte. Investasi Lotte ini sempat terganggu selama 4-5 tahun. Sejak 2020 kita selesaikan urusannya dan alhamdulillah hari ini konstruksinya sudah mencapai 38 persen,” katanya.

Dikatakan Bahlil, angka Rp60 triliun bukan investasi main-main. Berdasarkan laporan, dengan investasi sebesar itu Lotte akan membuka lapangan kerja sebanyak 15.000.

“Saya pastikan 95 persen tenaga kerja lokal Indonesia, terutama dari Banten jika memenuhi kualifikasi. Tapi jangan paksakan sebab ini teknologi tinggi. Saya tegaskan, jangan ganggu investasi Lotte karena ini demi kebaikan bangsa dan negara,” tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengaku siap mendukung investasi di daerahnya. Antara lain dengan mempermudah perizinan yang menjadi kewenangan Pemkot Cilegon.

“Kami siap mendukung kebijakan pusat. Termasuk tadi, bila ada gangguan-gangguan, kami siap komunikasikan,” ungkapnya.

Presiden Direktur PT Lotte Chemical Indonesia Yim Dong Hee mengucapkan terimakasih kepada Menteri Investasi, Gubernur Al Muktabar dan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang sudah kerjasama membantu proyek ini berjalan lancar. “Terimakasih sudah berkunjung ke Lotte,” katanya.

Diketahui, dengan investasi sebesar itu, Lotte akan berdiri di lahan seluas 100 hektar  dengan kapasitas produksi naphta cracker sebanyak 2 juta ton per tahun. Bahan baku tersebut selanjutnya diolah untuk menghasilkan 1 juta ton ethylene, yakni 520.000 ton propylene, 400.000 ton polypropylene, dan produk turunan lainnya. (Man/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News