Beranda Pariwisata Menparekraf Nilai Tol Serang – Panimbang Berdampak Positif Bagi Pemulihan ekonomi Pandeglang

Menparekraf Nilai Tol Serang – Panimbang Berdampak Positif Bagi Pemulihan ekonomi Pandeglang

Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Bupati Pandeglang Irna Narulita meninjau lokasi Kampung Agrinex di Kecamatan Cikeusik.

PANDEGLANG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Salahuddin Uno kembali mengunjungi Kabupaten Pandeglang untuk keempat kalinya. Kali ini kedatangan Sandiaga ke Pandeglang untuk meninjau Kampung Agrinex di Kecamatan Cikeusik.

Kata Sandiaga, jalan Tol Serang – Panimbang yang saat ini sedang dibangun akan berdampak positif bagi pemulihan ekonomi di Kabupaten Pandeglang. Dirinya optimis kebangkitan ekonomi dan pariwisata di Pandeglang akan tercapai dengan didukung infrastruktur berupa jalan tol.

“Saya membawa pesan dari Bapak Presiden bahwa kita harus menyiapkan karena jalan tol Serang-Panimbang ini akan berdampak kepada pemulihan ekonomi. Dan agrinex ini menjadi solusi, saya fokus mendukung itu karena bisa menciptakan lapangan kerja dan menghadirkan pangan dengan harga terjangkau,” kata Sandiaga disela-sela kunjungannya, Rabu (22/12/2021).

Menurut Sandiaga, sebelum ada jalan Tol Serang – Panimbang perjalanan dari Jakarta menuju Kabupaten Pandeglang harus ditempuh sekitar 5 jam perjalanan. Namun jika tol sudah terhubung menuju Panimbang, perjalanan akan bisa ditempuh hanya dalam waktu 2 jam.

Untuk itu, Sandiaga memastikan kementeriannya sedang fokus untuk membangun ekosistem pendukung KEK Tanjung Lesung berupa kampung-kampung wisata seperti Kampung Agrinex di Pandeglang. Ia pun menargetkan kampung-kampung wisata itu bukan hanya menjadi destinasi pariwisata, namun juga bisa menjadi penyangga dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

“Selain KEK yang kita pantau, dan pak presiden sudah kasih instruksi, tapi ada kampung-kampung wisata seperti ini (Agrinex) yang akan kita bangun supaya berpihak ke masyarakat yang membutuhkan bantuan disaat-saat yg sangat sulit ini. Setelah jadi jalan tol, ekosistemnya sudah siap termasuk destinasi wisata seperti agrinex,” terangnya.

Sandiaga mengungkap, konsep agrinex bukan pertama kali diterapkan di wilayah Cikeusik, Pandeglang. Di negara-negara maju seperti Jepang dan Korea, konsep tersebut sudah berjalan bahkan dibantu oleh dukungan pengembangan ekonomi secara digital.

“Jadi saya yakin dengan ekonomi digital dan kreatif, kita akan perluas peluang masyarakat Cikeusik dan Pandeglang ke depannya. Saya juga yakin Pandeglang akan bangkit, ekonomi kita akan pulih dan lapangan kerja kita tercipta,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Pandeglang Irna Narulita juga optimistis pengembangan pariwisata dan ekonomi di wilayahnya akan semakin bergeliat setelah banyak dibantu oleh program-program pemerintah pusat. Ia pun memastikan akan ikut mendorong pengembangan desa-desa wisata supaya mampu menghidupkan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

“Mas Menteri (menyebut Sandiaga Uno) sudah empat kali berkunjung ke Pandeglang, saya yakin ini akan menambah kemajuan bagi Kabupaten Pandeglang. Kita pastikan akan mendorong semua desa wisata bisa hidup meskipun dalam kondisi pandemi seperti Kampung Agrinex di Kecamatan Cikeusik ini,” tambahnya. (Med/Red)