Beranda Kesehatan Menjaga Mood Salah Satu Kunci Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi

Menjaga Mood Salah Satu Kunci Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi

300
0
Thabib M. Adam

CILEGON – Salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap bugar adalah dengan rutin berolahraga. Hal itu yang disampaikan oleh H. Muhammad Adam atau lebih dikenal dengan nama Thabib M. Adam.

“Apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Jaga imunitas tubuh wajib hukumnya. Mengatur pola makan dan pola pikir juga dijaga, sebab itu berpengaruh terhadap daya tahan tubuh kita,” jelasnya sewaktu ditemui di tempat praktiknya di jalan KH. Ishak No.202 Link. Seneja, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Jumat (16/10/2020).

Pria yang rutin berolahraga sepakbola dan menembak ini, memiliki klinik yang terkenal di Kota Cilegon bernama Tradisonal Medika Thabib M. Adam. Mulai praktik di Cilegon Sejak tahun 2007, sedangkan awal mula praktik di Jakarta sejak tahun 2003.



Pengobatan Tradisional adalah salah satu metode Perawatan Pencegahan serta Membantu proses pemulihan dan penyembuhan yang sudah diakui oleh masyarakat dan tentunya ada payung hukumnya, metode pengobatan tradisional di antaranya adalah pijat, akupuntur, yoga atau meditasi, chiropractic, dan metode herbal.

“Bahkan sudah ada pendidikan formalnya dari mulai D3 Jamu sampai Magister Herbal di salah satu universitas,” tambahnya.

Thabib M. Adam mengatakan kalau ilmu pengobatan ini ia dapat secara turun-temurun dari orangtua, dan dalam perjalanannya ia menempa diri dengan mengikuti seminar, uji kompetensi, dan lain sebagainya agar keilmuannya update dan sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu kesehatan secara tradisional dan tentunya harus mematuhi regulasi pemerintah khususnya peraturan Menteri Kesehatan.

Menanggapi soal keadaan di tengah pandemi, ia menjelaskan praktik di tempatnya selama ini tetap berjalan normal. “Tetapi kami tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,” terangnya.

Selain itu, pesannya kita juga mesti kuatkan iman dan kuatkan imun. Sewaktu ditanya soal penerapan 3M, ia bersyukur bahwa pasien yang datang patuh menjalankan aturan yang berlaku.

“Saya sudah menyediakan tempat cuci tangan, dan kalau pasien lupa bawa masker kami juga akan kasih. Intinya tetap bersyukur dan enjoy aja, yang penting selalu waspada,” ujarnya.

Menurutnya, sebelum dan sesudah ada pandemi tak begitu terasa berbeda. Kliniknya tetap dibuka setiap hari dari pukul 08.00 – 18.00 wib dan libur di hari Jumat.

Ia juga sempat menyampaikan tips agar hidup tak mudah terserang penyakit. “Kuncinya jangan mudah stres dan jaga mood biar nggak gampang emosi. Suasana hati yang bahagia dan menjaga ketenangan pikiran adalah obat terbaik untuk pencegahan penyakit,” tutupnya ramah.

(AU/Red/SG)