Beranda Olahraga Menginjak Usia 35 Tahun, Yaya Toure Pensiun dari Sepakbola

Menginjak Usia 35 Tahun, Yaya Toure Pensiun dari Sepakbola

Yaya Toure - foto istimewa TalkSport

Yaya Toure mengumumkan pensiun dari sepakbola. Mantan gelandang Barcelona dan Manchester City itu memutuskan untuk gantung sepatu di usia 35 tahun.

Nama Toure mulai melejit setelah digaet Barcelona dari AS Monaco pada 2007. Toure berkostum Azulgrana selama tiga tahun dan menyabut total tujuh trofi termasuk, ketika Barca menyapu bersih enam trofi juara pada 10 tahun lalu.

Toure kemudian hijrah ke Inggris dengan bergabung City pada 2010. Saudara kandung eks pesepakbola Kolo Toure itu membantu City memenangi tigal titel Premier League, satu Piala FA, dan dua Piala Liga.

Di penghujung kariernya, Toure kembali ke klub lamanya Olympiakos pada musim panas 2018. Namun, sebelum pergantian tahun Toure sepakat untuk menghentikan kontraknya dengan klub Yunani itu dan berstatus tanpa klub sebelum akhirnya pensiun.

Pensiunnya Toure diungkapkan oleh agennya, Dimitri Seluk. Keputusan tersebut diambil bukan karena kondisi fisik Toure, melainkan karena tidak ingin menurunkan standar performanya yang tinggi.

“Yaya telah memutuskan mengakhiri kariernya sebagai seorang juara. Laga perpisahan yang diberikan Manchester City kepada dia, pada dasarnya adalah akhir karier bermain dia bukan cuma di tim, tapi secara umum,” kata dia kepadaSport24, yang dikutip M.E.N merujuk pada perpisahan dengan City pada musim 2017/18.

“Yaya adalah salah satu pemain terbaik di Afrika dan yang memiliki salah satu karier paling cemerlang dalam sejarah sepakbola Afrika. Jadi seharusnya meninggalkan sepakbola saat di puncak.”

“Tentu saja setiap pesepakbola ingin bermain selama mungkin dan dalam kaitannya dengan kondisi fisik Yaya bisa sih melakukannya di level yang benar-benar tinggi sampai lima tahun ke depan.Tapi kami memutuskan bahwa dia, pesepakbola yang pernah bermain untuk Barcelona dan Manchester City, tidak bisa menurunkan standar.” (Red)

Sumber : detik.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini