Beranda Peristiwa Menakar Kinerja KPID Banten di Era Revolusi Industri 4.0, Ini Pendapat 4...

Menakar Kinerja KPID Banten di Era Revolusi Industri 4.0, Ini Pendapat 4 Calon Komisioner Perwakilan Jurnalis

Tiga dari empat narsum calon anggota KPID Banten berlatarbelakang jurnalis (kiri-kanan), Subham Nur Ulum, Garry Vabrian dan Apipi. (Iyus/BantenNews.co.id)

SERANG – Revolusi industri 4.0 menjadi tantangan sendiri bagi lembaga Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Banten. Hal itu menjadi tema diskusi yang digelar Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Provinsi Banten di Plaza Aspirasi, KP3B, Curug, Kota Serang, Kamis (11/11/2021).

Dalam diskusi tersebut juga dihadirkan empat narasumber calon Komisioner KPID Banten yang juga mantan jurnalis, yaitu, Piter Tamba, Apipi, Subhan Nur Ulum dan Garry Vabrian.

Diketahui, Komisi DPRD Banten selama dua hari berturut-turut telah melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 21 calon komisioner KPID Banten periode 2021-2025.

Calon anggota Komisioner KPID Banten, Subhan Nur Ulum dalam paparannya mengatakan, selain akan memaksimalkan posisi KPID Banten,  dirinya juga menjanjikan akan  mengedukasi masyarakat melalui siaran yang ditayangkan lembaga televisi dan radio seandainya terpilih nanti.

“Fungsi KPID harusnya dimaksimalkan, apa yang boleh dan tidak boleh. Berbagai rencana dan program telah saya siapkan agar KPID Banten kedepan semakin dirasakan masyarakat. Termasuk membenahi program-program penyiaran  kedepan dalam mengedukasi masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Calon Anggota Komisioner lainnya, Apipi mengatakan, keberadaan KPID Banten harus aspiratif seiring perkembangan zaman yang semakin pesat.

Tidak hanya melalui lembaga siaran televisi dan radio, saat ini, kata dia, semakin banyak siaran yang muncul, baik melalui Facebook, Youtube dan banyak tontonan lainnya melalui media sosial, semua itu juga harusnya luput dari perhatian KPID Banten dalam mengedukasi masyarakat.

Calon anggota KPID Banten, Piter Tamba menyatakan ternyata di era 4.0 seperti saat ini, ternyata masih banyak warga Banten khususnya yang belum bisa menikmati siaran televisi maupun radio pada daerahnya masing-masing dan ini juga harus diperhatikan.

Calon anggota KPID Banten, Garry Vabrian mengatakan, akan mengajak segala lapisan untuk menciptakan penyiaran yang sesuai harapan.

“Kedepan kegiatan yang akan dilakukan KPID tidak hanya bersifat seremonial. Namun, harus sesuai Undang-undang sesuai ruh awalnya,” katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya menginginkan KPID Banten lebih aktif lagi kedepan dalam menyerap aspirasi dan masukan dari segala pihak. (Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini