Beranda Opini Membangun Bisnis Di Masa Pandemi

Membangun Bisnis Di Masa Pandemi

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Oleh : Siti Nurkaya, Mahasiswi Prodi D-III Sekretari Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang

Pada tahun 2021 ini, kita  masih memberantas kasus  persoalan virus yaitu Covid-19 hingga detik ini. Semakin meningkat pula kesadaran diri pada masyarakat untuk selalu sigap menjaga kesehatan, kebersihan dan sistem kekebalan tubuh pada masa pandemi Covid-19 ini. Banyak masalah yang timbul akibat adanya Covid-19, antara lain seperti kacaunya sistem di bidang perekonomian Indonesia.

Maka dari itu, mereka yang berantusias dalam menjalankan bisnis yang mereka lakui yaitu dengan  berjualan seperti membuka usaha dibidang makanan dan minuman sehat. Dikala perekonomian semakin menurun, banyak pula inovasi serta daya kreatifitas yang dikembangkan melalui daya jual seperti mempromosikan serta berlomba-lomba menciptkan suatu menu yang beda dari yang lainnya.

Peluang usaha bisnis makanan dan minuman sehat ini merupakan salah satu peluang di masa pandemi Covid-19 yang tidak boleh dilewatkan oleh para wirausaha. Pasalnya, pandemi Covid-19 belum juga usai atau dengan kata lain belum ada hasil yang baik, malah semakin hari banyak yang terpapar akan Covid 19 ini, namun bagi mereka yang mengubah pola pikir  untuk tetap hidup sehat serta menjaga imun sistem kekebalan tubuhnya agar tidak terpapar virus tersebut, maka cara mencegah penularan virus tersebut ialah dengan tidak lagi melakukan aktivitas yang memicu terjadi hal yang tidak diinginkan.

Perilaku hidup sehat juga bukan hanya sekedar rajin dalam berolahraga dan mencuci tangan dengan sabun saja, melainkan menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung nutrisi serta vitamin, dan yang paling penting bergizi, yaitu yang berasal dari buah-buahan dan bahan alami herbal.

Peluang Inovasi Dalam Bisnis Kuliner

Dalam membuat serta menjalankan suatu bisnis kuliner yang semakin berkembang ini, maka dapat dicoba oleh wirausaha pemula, serta daya minat yang semakin tinggi bisnis makanan dan minuman sangatlah membantu memulihkan perekonomian di Indonesia yang sudah lama ini membuat resah akibat daya jual  perdagangan yang semakin menurun, sehingga membuat kerugian bagi para pelaku industri makanan dan minuman akibat pandemi yang terus meningkat.

Namun cara mengatur suatu usaha dan cara mengolahnya pun tidak luput memberi suatu dampak berkesan baik bagi pembelinya. Bisnis makanan dan minuman ini memang sudah ada sejak lama, namun tahun 2021 ini para wirausaha baik secara pengalaman atau pembisnis pemula mereka berlomba-lomba menciptkan suatu menu yang beraneka ragam.

Berlangsungnya pandemi ini, dunia digital marketing mampu memberikan peran yang sangat membantu dalam memasarkan berbagai macam produk makanan dan minuman, inovasi yang dikeluarkan pun sangat beragam bagi pelaku bisnis di bidnag kuliner sehat. Contohnya saja dengan digital marketing yaitu suatu kegiatan  pemasaran atau ajang promosi sebuah brand produk yang menggunakan sebuah media internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara tepat sasaran.

Contoh Bisnis Kuliner Sehat

Ada banyak peluang berbisnis pada kasus yang sedang dialami saat ini dengan adanya covid-19 ini. Memanfaatkan gaya hidup baru masyarakat yang menyehatkan, dengan membangun brand local produk minuman yang menyehatkan serta memberi manfaat bagi masyarakat agar terjaga kesehatannya. Maka dari itu memulai bisnis perlu kita tuangkan secara baik dan membantu menangulangi penyebaran virus dengan berjualan yang mengundan konsumen agar membeli produk tersebut.

Berikut ini contoh bisnis kuliner sehat yang bisa dilakukan para pelaku wirausaha untuk menambah pendapatan ditengah masa pandemic :

1.     Salad :  Salad merupakan sejenis makanan yang terdiri dari berbagai macam sayur-sayuran serta juga buah-buahan. Salad sendiri juga dikategorikan sebagai makanan yang menyehatkan karena bisa kita lihat dari berbagai komposisi sayuran maupun buah-buahan tersebut. Selain itu salad juga mengandung serat, nutris dan vitamin yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

2.     Jus Buah : Merupakan suatu cairan  yang terdapat secara alami dalam buah-buahan. Sari buah atau jus, popular dikonsumsi oleh masyarakat umum sebagai minuman menyehatkan. Jus buah tersebut sangat mudah untuk diterima oleh masyarakat karena cara pembuatanya pun sangat mudah dengan cara memblender buah-buahan bersama dengan sejumlah air dan takaran gula yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing konsumen.

3.     Jamu :  Jamu adalah sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia. Belakangan ini cukup sangat popular dengan memakai bahan alami atau bisa doatakan herbal. Jamu dibuat dari bahan alami, berupa dari tumbuh-tumbuhan seperti rimpang(akar-akaran),daun-daunan,kulit batang,dan buah.

(***)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini