Beranda Kesehatan Melalui ‘Global Corporate Citizenship’ Posco Grup Dukung Cegah Penyebaran Covid-19 di Indonesia 

Melalui ‘Global Corporate Citizenship’ Posco Grup Dukung Cegah Penyebaran Covid-19 di Indonesia 

Melalui ‘Global Corporate Citizenship’ Posco Grup Beri Dukungan Cegah Penyebaran Covid-19 di Indonesia

CILEGON – Indonesia, negara berpenduduk terpadat keempat di dunia saat ini berada dalam situasi yang sangat serius. Selain meningkatnya jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 hingga melebihi 54.000 kasus per hari dan jumlah pasien yang meninggalpun terus bertambah karena penyebaran varian delta dan karena mutasi virus baru lainnya. Hal ini dirasakan juga dan bahkan telah menimpa warga Korea yang sedang berada di Indonesia.

Melalui konferensi video darurat pada Sabtu, 24 Juli 2021 Menteri Kesehatan Indonesia, Budi Sadikin, berdiskusi dengan Pimpinan POSCO Indonesia terkait dengan dukungan dan kontribusi aktif yang dapat diberikan oleh Posco Grup.

POSCO Grup yang beroperasi di Indonesia terdiri dari total 9 perusahaan di antaranya PT POSCO IJPC (PT IJPC), pusat pemrosesan baja yang berlokasi di Kota Karawang, Jawa Barat, PT Krakatau POSCO, pabrik baja terintegrasi yang berlokasi di Kota Cilegon, Provinsi Banten, dan PT Bio Inti Agrindo (PT BIA), perusahaan perkebunan kelapa sawit yang terletak di Merauke, Provinsi Papua, dan PT POSCO International Indonesia (PT PII), perusahaan di bidang perdagangan di Jakarta, berinvestasi dan terus mengembangkan bisnisnya di berbagai daerah di Indonesia, bersama-sama berkomitmen memberikan kontribusi pada penanganan pandemi Covid-19.

Perusahaan POSCO Grup di Indonesia bersama-sama memberikan kontribusi peralatan medis dan emergency kit dan lainnya senilai sekitar Rp4 miliar kepada pemerintah Indonesia, masyarakat lokal serta warga Korea yang sedang berada di Indonesia.

Menteri Kesehatan RI, Budi Sadikin sangat berterima kasih atas bantuan dan kontribusi besar POSCO Grup dalam mengatasi krisis Covid-19 di Indonesia. “Sudah sejak lama POSCO hadir bersama dengan masyarakat Indonesia, dan saya harap ke depannya pun akan selamanya menjadi mitra erat bagi Indonesia,” melalaui keterangan tertulis, Kamis (29/7/2021).

POSCO Grup berkontribusi sebanyak 100 unit konsentrator oksigen dan ventilator oksigen (HFNC) kepada Kementerian Kesehatan Indonesia, serta masing-masing 2 ventilator (HFNC) dan peralatan medis untuk perawatan pasien terkonfirmasi Covid-19 di rumah sakit setempat di Kota Cilegon, Provinsi Banten dan Kota Karawang, Provinsi Jawa Barat, di mana lokasi bisnis utama POSCO berada.

Untuk membantu warga Korea yang tinggal di Indonesia, 100 set perlengkapan darurat Covid-19 (emergency kits Covid-19) diberikan kepada Asosiasi Korea di Indonesia.

Presiden Direktur POSCO Indonesia, Kim Kwang-Moo berharap melalui kegiatan Global Corporate Citizenship, POSCO Grup di Indonesia dapat berperan aktif mendukung pemerintah dan membantu masyarakat Indonesia dan warga Korea yang sedang berada di Indonesia dalam penanganan Covid-19.

“Ke depannya pun kami akan terus berupaya sebaik mungkin untuk melaksanakan filosofi Corporate Citizenship serta tumbuh bersama Indonesia dan warga Korea setempat,” ujarnya.

KRAKATAU POSCO kerahkan segala potensi untuk bantu hadapi pandemi Covid-19

KRAKATAU POSCO sejak krisis ini terjadi segera merespon permintaan pemerintah pusat dengan melakukan diskusi secara intensif dengan perusahaan pemasok gas industrinya, menurunkan cadangan retensi oksigen ke tingkat paling minimum untuk operasional stabil perusahaan, dengan total mencapai 1.680 ton oksigen cair, guna dialokasikan dan dimanfaatkan bagi kepentingan medis. Sejumlah oksigen cair pun telah dikirimkan ke beberapa filling station untuk memenuhi kebutuhan di rumah sakit dan intalasi medis lainnya.

Sebagai tambahan dalam menjawab kebutuhan oksigen yang masih terus meningkat, melalui koordinasi dengan Kementerian Perindustrian dan perusahaan pemasok gas industri KRAKATAU POSCO, pada Kamis (22 /7/2021) lalu dilakukan lagi pengiriman oksigen cair sebanyak 20 ton untuk kebutuhan di DKI Jakarta dan dilanjutkan pengiriman untuk Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada Selasa, (27/7/2021).

Meskipun hal ini akan berdampak pada kelancaran produksi besi baja yang menggunakan teknologi blast furnace dimana operasi pabrik baja terpadu tidak bisa berhenti, KRAKATAU POSCO dengan berhati-hati terus mengatur keseimbangan kebutuhan oksigen demi dapat membantu krisis kelangkaan oksigen untuk penanganan pasien Covid-19 di Indonesia.

Selain itu, bersinergi dengan anak perusahaan KPSE-SI, kontribusi juga diberikan dalam bentuk 100 set perlengkapan penanganan Covid-19 kepada Satgas Covid-19 Kota Cilegon pada Senin 19 Juli 2021.

“Apapun peluang yang bisa kami (perusahaan baja) manfaatkan, pasti diambil dan coba kembangkan, seperti pemanfaatan oksigen industri untuk medis. Saat ini kami juga sedang menyiapkan paket kebutuhan bahan pokok untuk masyarakat yang terdampak khususnya di area terdekat dengan perusahaan. Kami berharap kontribusi ini sedikit banyak dapat bermanfaat dan memberikan secercah harapan bagi masyarakat yang sedang berjuang, khususnya masyarakat kota Cilegon” ujar Gersang Tarigan, Direktur HR & GA.

“Khusus momen hari raya kurban, perusahaan juga memberikan puluhan hewan kurban dengan alokasi pemberian yang lebih besar bagi area terdekat,” tambahnya.  ​

Kontribusi POSCO Grup di Indonesia selama masa pandemi

POSCO Grup menyumbangkan masing-masing USD 500.000 kepada pemerintah Indonesia untuk bantuan darurat penanganan bencana saat gempa bumi di Sulawesi Tengah di tahun 2018 dan tsunami Selat Sunda pada tahun 2019. Tahun lalu, pada tahap awal penyebaran Covid-19 di Indonesia, POSCO Grup memberikan kontribusi senilai USD 1 juta berupa perlengkapan pencegahan dan penanganan Covid-19, berupa 32.000 Copper mask dan Rapid Test Kit untuk karyawan termasuk karyawan perusahaan mitra dan keluarganya serta masyarakat di sekitar lokasi pabrik baja.

Dan juga, sejak tahun 2018, POSCO Grup telah melakukan berbagai kegiatan relawan seperti pembangunan rumah dan pendidikan di daerah Cilegon, program OVOP (One Village One Product) yang merupakan kegiatan mendukung pengembangan suatu produk tertentu bersama masyarakat setempat demi kemajuan dan memperkuat kemandirian  masyarakat Cilegon serta terus menerapkan ‘Community with POSCO (Korporasi bersama dengan masyarakat)’ suatu model dimana perusahaan dan masyarakat tumbuh bersama dan hidup berdampingan dengan masyarakat setempat di Indonesia.

Sementara itu, dengan tujuan untuk menjadi Perusahaan yang diinginkan bagi berbagai pemangku kepentingan, POSCO melakukan 5 kegiatan brand filosofi Corporate Citizenship, yaitu Green with POSCO (Menjadi perusahaan yang bersama menjaga lingkungan hidup), Together with POSCO (Perusahaan yang diinginkan untuk berbisnis), Challenge with POSCO (Perusahaan yang diinginkan untuk tumbuh bersama), Life with POSCO (Perusahaan yang menciptakan masa depan bersama), Community with POSCO (Perusahaan yang tumbuh bersama masyarakat setempat). Di antaranya Community with POSCO (Perusahaan yang tumbuh bersama masyarakat setempat) bagi POSCO merupakan tanggung jawab sosial perusahaan untuk tumbuh dengan masyarakat sejak awal pendirian perusahaan. Ke depannya pun, ini memiliki makna sebagai model untuk tumbuh dan hidup berdampingan dengan masyarakat sekitar lokasi bisnis POSCO Grup.

(Man/Red)