Beranda Kesehatan Petugas Kecamatan Cibodas Skrining TB dan Kanker Payudara Masyarakat

Petugas Kecamatan Cibodas Skrining TB dan Kanker Payudara Masyarakat

Kecamatan Cibodas Skrining TB dan Kanker Payudara Masyarakat - Foto istimewa

TANGERANG – Guna mengoptimalkan layanan pada warga dan memastikan kesehatan para pegawai dan warga sekitar, Kecamatan Cibodas melakukan skrining tuberkolosis (TB), kanker payudara dan donor darah. Kegiatan dilaksanakan di Kantor Kecamatan Cibodas, Jumat (12/5/2023).

“Kegiatan ini sebagai deteksi dini bagi seluruh pegawai di Kecamatan Cibodas agar dapat melakukan pelayanan dengan prima pada warga, dan juga untuk memastikan kesehatan warga di lingkup Kecamatan Cibodas. Sehingga, dengan deteksi dini ini juga sebagai upaya pencegaham,” ungkap Camat Cibodas, Buceu Gartina.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Cibodasari, dr. Didi menjelaskan apabila ditemukan kasus positif TB maupun kanker payudara, pihak puskesmas akan melakukan pemeriksaan lanjutan hingga memberikan rujukan. Diharapkan, masyarakat dapat memeriksakan diri ke Puskesmas.

“Untuk TB, ciri atau gejala umum yang dirasakan adalah batuk terus menerus selama dua minggu, batuk di malam hari, berat badan menurun. Sedangkan untuk kanker payudara, adanya benjolan di sekitar payudara. Jika memiliki gejala tersebut, sebaiknya segera periksakan diri ke puskesmas,” jelasnya.

Masyarakat diimbau, untuk terus melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai upaya utama agar terhindar dari penyakit. “Dengan dimulai dari diri sendiri dan keluarga melakukan PHBS hingga ke lingkungan sekitar dapat menjadikan masyarakat yang sehat secara fisik dan mental,” imbaunya.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini