Beranda Gaya Hidup Mau Pindah Kerja? Cek Dulu Apakah Keputusan Kamu Sudah Tepat!

Mau Pindah Kerja? Cek Dulu Apakah Keputusan Kamu Sudah Tepat!

51
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Apakah kamu berfikir untuk pindah dari pekerjaan kamu yang sekarang? Jangan lakukan itu sebelum kamu memikirkan semua pilihan dan kondisinya tepat.

Pikirkan hal-hal dibawah ini untuk menentukan waktu yang terbaik untuk resign seperti artikel yang dikirimkan jobstreet.com.

1. Bagaimana peluang karir di perusahaan?

Untuk memulai, kamu harus melihat apakah keadaan saat ini untuk membuat keputusan yang tepat. Tanyakan pada diri sendiri  apa alasan di balik kebutuhanmu untuk berganti karier.

2. Apakah pekerjaan menjadi stagnan?

Apakah kamu merasa terjebak dan kehabisan cara untuk membuat diri lebih maju dari saat ini? Mungkin kamu ingin membicarakan hal ini dengan Bos untuk mendiskusikan pilihan yang kamu mau. Menyuarakan kekhawatiran kepada orang-orang yang dapat membantu harus menjadi rencana tindakan pertamamu.

Tetapi bagaimana jika ketakutan itu benar? Bagaimana jika tidak ada ruang lagi untuk maju di pekerjaan kamu saat ini? Ini bisa menjadi permasalahan untuk karyawan dengan masa kerja yang lama, dan jika itu masalahnya maka dengan segala cara, waktunya sangat tepat bagi kamu untuk mencari pekerjaan baru. Setelah semua, mencari peluang dan pengalaman baru adalah apa yang dibutuhkan karyawan untuk menjaga keterampilan mereka diperbarui dan segar.

Kamu juga perlu melihat situasi perusahaan sebelum memutuskan untuk resign. Hal-hal seperti, apakah kamu sedang mengerjakan proyek besar untuk perusahaan? Mungkin tidak bijaksana untuk pindah sekarang. Pertanyaan lain yang perlu dipikirkan adalah tingkat aktivitas yang saat ini dialami oleh Bos kamu.

Setiap perusahaan memiliki saat sibuk dan santai, dan kamu perlu mengetahui hal-hal ini untuk memastikan waktumu tepat. Taruhan terbaik  kamu adalah pergi setelah menyelesaikan proyek yang sukses. Biasanya ada sedikit downtime di antara proyek-proyek besar sehingga kamu akan bebas untuk melakukan kegiatan mencari lowongan kerja, ditambah akan datang tawaran dari tempat yang baik, dan yang lebih penting Anda dapat menggunakan pencapaian ini untuk meningkatkan resume Anda.

3. Apa yang kamu butuhkan sekarang?

Faktor berikutnya yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk berganti pekerjaan adalah kebutuhan pribadi kamu. Pikirkan kamu berada dalam kehidupan sekarang dan putuskan apakah kamu memiliki sumber daya untuk membuat langkah besar. Apakah ada kebutuhan yang tidak bisa diganggu sekarang, seperti kehamilan atau kematian dalam keluarga? Mungkin tidak bijaksana untuk mengubah karier sekarang.  Tidak perlu ada stres tambahan untuk masalah kehidupan, belajar fokus pada satu hal besar terlebih dahulu sebelum menangani hal lain.

Mengambil pekerjaan baru sebelum liburan bukan merupakan hal yang baik juga, akan lebih baik jika kamu berlibur sebelum resign, karena akan membantu jika kamu memulai pekerjaan baru dengan pikiran yang fresh. Terakhir, keadaan finansialmu juga akan menentukan apakah ini waktu yang tepat untuk resign. Merupakan suatu kondisi ideal jika kamu mempunyai banyak tawaran pekerjaan, namun bagaimana jika tidak ada tawaran sama sekali? Bisakah kamu hidup dari uang tabungan selama kamu menganggur? Ini adalah pertimbangan moneter yang harus dipikirkan sebelum resign.

4. Seperti apa kondisi pasar saat ini?

Pada akhirnya kamu perlu mengetahui situasi pasar kerja saat ini dari industri yang akan kamu lamar sebelum berganti karier. Ikuti berita atau laporan Departemen Tenaga Kerja dan Ketenagakerjaan untuk membantumu melihat apa yang ada di luar sana. Ini pasti akan membantu untuk memutuskan apakah tepat untuk berganti kerja sekarang atau lebih baik jika menunggu sampai waktunya tepat.

Jika suasana pasar kerja menguntungkan bagi pekerjaan, cobalah mencari perusahaan yang sedang dalam proses menyerahkan tahun fiskal baru. Inilah saat perusahaan meluncurkan proyek baru dan pada gilirannya menghasilkan banyak lowongan pekerjaan yang menunggu untuk diisi. Lihatlah berita industri dan networking kamu sendiri untuk mengetahui kapan hal ini terjadi. (Red)