Beranda Pariwisata Mau Liburan ke Anyer? Coba Jalur Altetnatif Ini 

Mau Liburan ke Anyer? Coba Jalur Altetnatif Ini 

Jalur Alternatif menuju Kawasan Wisata Anyer - foto Wahyu Arya/BantenNews.co.id

SERANG – Libur lebaran kerap dimanfaatkan warga untuk berwisata ke tempat-tempat wisata. Lokasi wisata alam baik berupa pemandian maupun pantai tak pelak akan menjadi sasaran warga untuk berlibur melepas kejenuhan.

Tempat wisata yang diprediksi akan kembali dipadati oleh wisatawa adalah Pantai Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Meski jalur Lingkar Selatan masih diperbaiki dan belum bisa dilalui oleh kendaraan besar, masih ada jalur altetnatif yang dapat dilalui wisatan agar tidak terjebak kemacetan parah menuju pantai.

Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin memprediksi Jalan Palka, Palima, Serang, akan menjadi jalur primadona yang akan dilalui wisatawan.

Ia mengaku telah menyiapkan stadar operasional prosedur (SOP) khusus untuk jalur alternatif menuju lokasi wisata.

“Unuk jalur wisata kita menerapkan SOP khusus, termasuk cara bertindak khusus kita gunakan di H+1 sampai H+8 nanti. Kita memprediksi jalur Palka akan menjadi jalur terfavorit para wisatawan yang akan ke Anyer,” kata Kapolres Serang AKBP Komarudin kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Meski Jalan Lingkar Selatan sudah bisa dilalui kendaraan kecil, kata dia, tidak akan maksimal menampung lalu lintas pemudik yang datang dengan kendaraan besar.

“Bus akan melalui jalur dalam kota ke Ciwandan. Kami mengantisipasi kalau itu tidak tertampung maka kemungkinan kendaraan besar akan kita alihkan ke jalur Palka,” terangnya.

Komarudin berharap dengan pengalihan itu mengantisipasi titik simpul kepadatan yang luar biasa. “Mengingat jalan di Padarincang juga masih kecil dan ada aktivitas pasar di sana. Kalau dipaksakan akan terjadi stuck di sana,” tambahnya.

Kendati demikian, pihaknya mengaku akan tetap mengantisipasi dengan menempatkan Pos Gatur, termasuk rekayasa lalu lintas dengan barikade, penambahan personel Satpol PP untuk menjaga pasar.

“Supaya pedagang tidak tumpah sampai ke pasar. Sebab kalau sampai tumpah ke jalan ini akan menghambat lalu lintas.”

Tidak menutup kemungkinan, lanjutnya, pihaknya akan memberlakukan one way traffic terbatas. One way akan diberlakukan di arah kendaraan yang lebih padat.

“Ini tentu perlu ada sosialisasi karena kalau one way diberlakukan tanpa ada sosialisasi khawatir malah akan terjadi kecelakaan. Tentu akan ditunjang dengan kantong kantong parkir.”

Pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Polsek Padarincang dan Polsek Ciomas untuk melakukan pengaturan lalu lintas bagi wisatawan yang akan ke Anyer dan sekitarnya. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini