Beranda Pemerintahan Masyarakat Kota Tangerang Diminta Pilah Sampah dan Masifkan Penghijauan

Masyarakat Kota Tangerang Diminta Pilah Sampah dan Masifkan Penghijauan

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah memberikan arahan dalam acara yang dihadiri oleh para pengurus RT-RW se-Kota Tangerang dalam sosialisasi Program Proklim Tingkat Kota Tangerang - foto istimewa

TANGERANG – Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah memberikan arahan dalam acara yang dihadiri oleh para pengurus RT-RW se-Kota Tangerang dalam sosialisasi Program Proklim Tingkat Kota Tangerang Tahun 2023, yang diselenggarakan di Gedung MUI Kota Tangerang, Selasa, (4/7/2023).

“Kenapa Program Kampung Iklim (Proklim) ini penting? Satu yang menjadi perhatian dan juga kewaspadaaan adalah perubahan cuaca yang ekstrem, sebentar panas sebentar hujan besar. Dan itu tentunya berpengaruh terhadap lingkungan seperti timbulnya genangan misalnya, dan genangan bisa menjadi banjir. Karena itulah Proklim ini menjadi suatu keniscayaan karena Kota Tangerang ini adalah Kota Metropolitan,” ujar Arief dalam keterangannya.

Lebih lanjut, Arief juga menekankan pentingnya Proklim sebagai sarana membangun kesadaran untuk merawat dan menjaga lingkungan sekaligus meningkatkan pemahaman terkait perubahan iklim serta dampaknya terhadap lingkungan.

“Apalagi lahan di kota semakin sempit, karena banyak pembangunan. Kalau tidak dibarengi dengan kesadaran untuk menjaga dan merawat lingkungan sekitar, maka tentunya akan berdampak pada kerusakan lingkungan. Apalagi dengan pola konsumtif masyarakat yang sangat tinggi, yang turut menyumbang sampah bagi lingkungan,” jelasnya.

Kondisi tersebut, lanjut Arief, dapat menyebabkan penumpukan sampah jika terus-menerus tak terkelola dengan terkendali.

“Saat ini sampah di kota kita sehari mencapai 1600 ton. Bayangkan segede apa itu. Sapi 1 ton aja gede jasa. Karena itu melalui sosialisasi Proklim ini saya mengajak masyarakat agar memilah sampah, karena kepentingannya buat kita semua, harus dimulai dari kita, kalau bukan kita ya siapa lagi,” imbau Arief.

Untuk itu, Arief, meminta kepada para pengurus RT-RW yang hadir dalam sosialisasi tersebut agar dapat menyosialisasikan kembali kepada masyarakat tentang pentingnya mengelola lingkungan hidup.

“Bapak-ibu yang hadir di sini adalah orang-orang terpilih, makanya saya mohon bantuannya agar informasi-informasi serta wawasan yang diperoleh dari sosialisasi ini, dari para narasumber ini agar dapat diteruskan ke warga lainnya. Ajak masyarakat untuk memilah sampah, ajak untuk masifkan penghijauan agar lingkungan di Kota Tangerang yang kita cintai ini dapat semakin nyaman untuk ditinggali,” pungkas Walikota.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ