Beranda Pariwisata Masjid Agung Banten Lama Padat Peziarah

Masjid Agung Banten Lama Padat Peziarah

Pengunjung memadati kawasan Masjid Agung Banten Lama. (Audindra/Bantennews.co.id)

SERANG – Kawasan wisata Banten Lama khususnya Masjid Agung dipadati pengunjung. Para pengunjung yang berasal dari berbagai daerah di Banten itu diketahui datang untuk liburan sekaligus berziarah, Senin (1/1/2024).

Dari pantauan BantenNews.co.id, kepadatan sudah terlihat dari pertigaan Jalan Pelabuhan Karangantu sampai memasuki kawasan Banten Lama. Akibatnya terjadi kemacetan panjang.

Salah satu pengunjung bernama Aminah mengatakan, dirinya selalu rutin berkunjung ke Masjid Agung untuk berziarah sekaligus berlibur. Ia lebih memilih berziarah bersama 5 anggota keluarga lainnya daripada menghabiskan libur awal tahun ke tempat populer lainnya seperti pantai atau puncak.

“Sengaja ngajak keluarga daripada kitaa ke pantai ke laut mending ke sini bisa mendidik anak mengenalkan agama,” kata Aminah.

Pengunjung lainnya asal Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang bernama Suroh mengatakan dirinya sengaja datang jauh-jauh karena ingin berlibur sekaligus berziarah bersama keluarga.

Namun dirinya mengkritik terkait prilaku penjaga keropak alias kotak amal sodakoh yang kerap menggabrak kotak di hadapan pengunjung. Hal itu membuat pengunjung merasa kurang nyaman.

“Kadang-kadang kasian kalau (Pengunjung) yang baru ke sini kan di sini ada berapa kotak ya itu kan sodakoh bahasanya tapi kan kalau lebih dari sepuluh jadi beban juga sebenarnya. Udah banyak juga yang kritik,” ujar Suroh.

Satgas Keamanan Wisata Banten Lama, Abdul menuturkan, kawasan Banten Lama sudah ramai pengunjung sejak Sabtu (30/12/2023) lalu.

Menurutnya kepadatan pengunjung yang ingin berziarah memang terjadi saat memasuki libur atau mendekati hari besar Islam.

Ia menghimbau agar para pengunjung dapat tetap menjaga ketertiban selama berkunjung.

“Kalau untuk kondisi aman terkendali, kita selalu memantau warga yang ziarah. Kita menghimbau agar menjaga ketertuban karena dalam keadaan seperti ini takut ada tangan jahil,” kata Abdul.

(Dra/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini