Beranda Gaya Hidup Manfaat yang Didapat Jika Kita Rajin Mengoreksi Diri

Manfaat yang Didapat Jika Kita Rajin Mengoreksi Diri

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Manusia itu pasti luput dari kesalahan dsn khilaf. Manusia yang terbaik adalah mereka yang menyadari kesalahan yang diperbuat dan segera memperbaikinya. Untuk itu introspeksi diri perlu kita lakukan setiap hari. Tidak perlu menunggu.

Sibukkan diri kita untuk introspeksi. Jika introspeksi diri yang kita lakukan tulus dari hati, maka segala gundah gulana akan menghilang. Perasaanmu jadi lebih baik dari sebelumnya.

Untuk itu, fatal jika kita merasa diri sudah paling benar sehingga malas untuk introspeksi diri. Semakin kita lena dengan kebenaran yang kita bangun sendiri, semakin kita bisa terjurumus ke jalan buruk. Untuk itu introspeksi jadi kunci agar hidup kita lebih baik lagi ke depannya. Berikut ini 5 manfaat yang dapat kamu peroleh jika kamu rajin instrospeksi diri.

1. Segera menyadari kesalahan yang diperbuat

Dalam hidup ini, kita harus merasa waswas terhadap diri kita. Menyadari bahwa setiap langkah kita tentu ada kelirunya.

Sebagai contoh, jika orang tuamu merasa kecewa dengan ucapanmu yang mengiris hatinya, cobalah instrospeksi diri dengan mengingat lagi kalimatmu saat sedang emosi. Bisa jadi kamu mengeluarkan omongan kasar sehingga membuat hati mereka terluka. Segera introspeksi diri, akui kesalahan lalu minta maaflah pada orang tuamu.

Terkadang ada orang yang merasa sudah benar sendiri sehingga malas untuk merefleksi perbuatannya, seolah yang ia perbuat sudah benar dan orang lain salah. Untuk itu menyadari kesalahan yang timbul dari diri sendiri adalah penting dan harus kita lakukan. Dengan begitu kamu pun tak diperbudak oleh ego hanya karena tak mau mengakui kesalahanmu.

2. Semakin mengenal diri sendiri

Ini adalah salah satu manfaat positif dari rutinitas introspeksi diri. Kamu jadi makin mengenal siapa dirimu sebenarnya. Ketika teman-temanmu atau orang tua menyebut kamu suka egois dan ingin menang sendiri, jangan langsung kamu pentalkan omongan itu ke udara, bisa jadi omongan mereka benar dan sudah seharusnya kamu mengubah tabiat buruk itu.

Sebagai makhluk sosial, sudah seharusnya kita hidup berdampingan dan saling nasihat-menasihati. Setiap nasihat atau masukan dari sekitar kita jangan dianggap sebelah mata, itu bisa menjadi bahan refleksi.

Kadang kala, kita kerap menilai diri sendiri berlebihan dan menganggap diri sudah paling benar, padahal nyatanya tidak. Untuk itu masukan dari orang lain penting untuk menjadi pengingat diri, dengan begitu kita bisa  berbenah ke arah yang lebih baik.

3 Arti Nama Anak Maya Septha, Singkat & Kekinian Namun Sarat Makna!

3. Senantiasa rendah hati

Sikap rendah hati itu mahal, tidak semua orang mampu bersikap rendah hati di segala kondisi. Kadang jika sudah terkepung materi berlimpah  dan telah meraih kesuksesan, orang-orang bisa dengan cepat menyombongkan diri atas keberhasilannya. Lalu, dengan mudah mengerdilkan orang lain.

Untuk itu, rendah hati menjadi salah satu manfaat yang bisa kamu peroleh jika senantiasa introspeksi diri. Dengan rendah hati, kamu dapat menghargai orang lain dan menyadari kekurangan diri sendiri. Kamu juga jadi sadar bahwa dalam hidup tentu membutuhkan orang lain.

Dengan punya sikap ini, hidup terasa damai dan tenteram, karena kamu memposisikan diri untuk tidak berlaku angkuh pada siapa pun. Biar Sang Maha Pencipta saja yang berhak angkuh, manusia jangan.

4. Punya mental menyalahkan diri sendiri, bukan orang lain

Manfaat positif lainnya jika kamu gemar introspeksi diri tak lain dapat membuat mentalmu semakin kuat. Bukan bermental pecundang yang hanya mau menang sendiri. Intropeksi diri membuat kamu bersikap menyalahkan diri sendiri atas setiap kesalahan yang kamu perbuat, bukan malah menyeru orang lain yang jadi biangnya.

Karena setiap langkah yang kita lakukan, kita sendiri yang menentukan. Begitu juga dengan  kesalahan yang kita perbuat, kita juga yang harus siap menanggungnya.

5. Selalu bersyukur

Introspeksi diri tak lain sebagai bentuk dari pengakuan diri seorang manusia bahwa dia tak sempurna. Dengan mengakui ketidaksempurnaan yang kita miliki, kita bisa mensyukuri semuanya. Sebab apa-apa yang kita terima, kita peroleh, dan kita rasakan hari ini adalah anugerah dari Sang Maha Pencipta.

Bersyukur menjadi landasan fundamental mengakui ketidakberdayaan diri, bahwa semua yang kita punya tak lain ditopang oleh Sang Pemilik alam semesta. Untuk itu introspeksi diri mengajarkan kita untuk senantiasa bersyukur atas segala nikmat kehidupan, dan terus berbenah menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Demikianlah, 5 manfaat yang kamu peroleh jika gemar introspeksi diri. Menyadari setiap kesalahan dengan introspeksi diri tak akan buat kita merugi. Justru takutlah ketika kita lupa introspeksi, sebab kita bisa lena dengan waktu tanpa sempat berbenah diri. (Red)

Sumber : IDN Times

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini