Beranda Gaya Hidup Manfaat Tidur Cukup yang untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Tidur Cukup yang untuk Kesehatan Tubuh

55
0
Ilustrasi - foto istimewa inspirationfreak.com

Tidur cukup bagi kesehatan sangat banyak, mengingat metabolisme tubuh manusia juga bekerja secara aktif di malam hari. Selain meningkatkan kemampuan otak untuk lebih fokus dan menangkap informasi, tidur cukup selama 7 sampai 8 jam juga dapat meningkatkan kualitas hubungan seks.

Setelah beraktivitas seharian, tubuh tentunya membutuhkan istirahat dan tidur yang cukup agar energi dapat kembali lagi. Sayangnya, belum banyak dari kita yang mengetahui manfaat tidur cukup bagi kesehatan tubuh, dan memilih untuk mengabaikannya dengan sering begadang dan terjaga hingga pagi hari.

Seperti yang telah kita ketahui, setidaknya tubuh membutuhkan waktu selama 7 hingga 8 jam untuk istirahat dan tidur setiap hari. Jika tubuh kekurangan waktu tidur, berbagai masalah kesehatan dan konsentrasi siap menyerang tubuh.

Lantas, apa saja manfaat tidur cukup setiap hari bagi kesehatan tubuh? Berikut informasinya seperti dikutip dari Go-Dok.com.

1. Tidur cukup dapat mengurangi nafsu makan

Ketika Anda memilih untuk begadang dan terjaga di malam hari, tubuh cenderung akan lebih aktif mengirimkan sinyal lapar yang memaksa untuk makan di malam hari. Hal ini disebabkan tubuh akan menghasilkan hormon ghrelin yang dapat meningkatkan nafsu makan ketika Anda kurang tidur.

Sebaliknya, ketika Anda memiliki jadwal tidur yang teratur di malam hari, hormon leptin Anda yang berfungsi menekan nafsu makan dapat bekerja secara efektif. Itu mengapa, porsi tidur setiap malam menjadi perhatian ketika Anda sedang menjalankan program diet dan menurunkan berat badan.

2. Meningkatkan daya ingat serta berpikir kreatif

Mungkin sering kita temukan kasus kecelakaan saat berkendara karena pengemudi yang terlalu lelah dan tertidur saat menyetir tanpa sadar. Karena nyatanya, tidur kurang dari 7-8 jam sehari berdampak langsung pada kemampuan otak dalam berpikir, menangkap dan mengolah informasi.

Selain itu, istirahat dan tidur yang cukup setiap hari dapat meningkatkan kemampuan fokus, dan membantu meningkatkan daya ingat. Sebuah penelitian menyebutkan tidur setelah belajar dapat membantu materi tetap tersimpan di dalam otak dalam jangka waktu yang lebih panjang.

3. Kurang tidur meningkatkan risiko terserang berbagai penyakit

Selain berdampak pada fungsi otak, kurang tidur nyatanya juga buruk bagi kesehatan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya kalau begadang memicu Anda untuk makan di malam hari. Jika terlalu sering makan di malam hari, dapat memicu Anda untuk menjadi seorang yang obesitas karena jeda waktu yang terlalu singkat antara sehabis makan dengan tidur.

Selain itu, tidur kurang dari 8 jam dapat mempengaruhi kadar gula darah serta mengurangi sensitivitas insulin dalam tubuh. Akibatnya, kadar gula darah Anda jadi tidak terkontrol dan memicu terserang penyakit diabetes tipe 2.

4. Meningkatkan sistem imun

Manfaat tidur cukup juga mampu meningkatkan sistem imun, lho. Ketika sedang tidur, tubuh menghasilkan zat yang disebut sitokin yang baik untuk meningkatkan sistem imun. Zat tersebut, bekerja optimal untuk meringankan peradangan atau infeksi yang sedang menyerang tubuh. Itu mengapa, ketika sedang sakit, kita disarankan untuk banyak istirahat agar tubuh dapat menghasilkan sitokin yang berfungsi meredakan infeksi.

5. Menjaga tubuh tetap bugar

Bagi Anda yang sedang menjalani program pembentukan tubuh, mungkin sering mendengar untuk pentingnya menjaga kualitas tidur setidaknya 8 jam sehari tiap malam. Pasalnya, selain untuk mengembalikan energi yang telah terbuang, tidur cukup di malam hari dapat meningkatkan kemampuan atletik tubuh, lho.

Tidur yang cukup di malam hari terbukti mampu meningkatkan kecepatan bergerak dan respons tubuh menjadi lebih reaktif. Bagi Anda yang berolahraga angkat beban, kualitas tidur nyatanya mempengaruhi kemampuan Anda dalam menggenggam beban yang berat.

6. Meningkatkan kualitas bercinta

Salah satu masalah yang dialami oleh para pasangan suami istri adalah kurangnya kualitas mereka saat berhubungan seksual. Sebuah survey yang dilakukan oleh National Sleep Foundation mengungkapkan, 26% pasangan yang memiliki masalah saat berhubungan intim karena kondisi tubuh yang terlalu lelah dan kurang beristirahat.

Bagi para pria, selain masalah seperti disfungsi ereksi atau impotensi, kondisi tubuh yang terlalu lelah dan kurang tidur dapat menurunkan kadar testosteron yang berguna sebagai hormon seksual, lho.

Itulah beberapa manfaat tidur cukup dan efek sampingnya jika Anda kurang waktu tidur. Lalu, sudah cukupkah waktu tidur Anda selama ini setiap hari? Coba untuk lebih meluangkan waktu kesibukan Anda untuk tubuh agar beristirahat. Semoga bermanfaat! (Red)