Beranda Kampus Manfaat Jahe Sebagai Penambah Imun untuk Tubuh Manusia

Manfaat Jahe Sebagai Penambah Imun untuk Tubuh Manusia

Aditya Farhan, Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang

Oleh: Aditya Farhan, Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang

Dalam beberapa tahun ini masyarakat di seluruh dunia, terutama masyarakat di Indonesia dihebohkan dengan kemunculan virus baru yang bernama Corona Virus atau Covid-19. Salah satu penyebab terpaparnya virus tersebut adalah karena lemahnya imunitas pada tubuh manusia.

Di Indonesia terdapat tanaman yang dapat menambah imunitas pada tubuh manusia yaitu, jahe. Jahe mungkin sudah tidak terdengar asing bagi masyarakat Indonesia.Selain sebagai bumbu dapur, jahe juga memiliki manfaat sebagai penambah imunitas untuk tubuh manusia.

Tanaman herbal jahe mengandung beberapa vitamin dan kandungan lainnya yang cukup lengkap, seperti vitamin C, magnesium, gingerols, shogaols, dan zingerones. Kandumgan tersebut membantu tubuh manusia untuk memperkuat sistem imun dan berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi bagi tubuh.

Lalu, bagaimana sih cara mengolah jahe agar mendapatkan khasiatnya ?

Kita bisa mendapatkan manfaat jahe sebagai penambah imunitas dengan cara mengolahnya sebagai bumbu masakan. Selain itu, kita juga dapat mengolahnya menjadi berbagai macam olahan, diantaranya sebagai berikut :

1.     Wedang jahe

Wedang jahe merupakan minuman khas Indonesia yang tersebar hampir di seluruh wilayah Pulau Jawa dan Bali. Sesuai dengan namanya, bahan utama dari olahan minuman tersebut adalah jahe. Cara membuat wedang jahe cukup mudah, jahe cukup ditumbuk, kemudian direbus dan dicampurkan dengan gula merah yang sudah cair secukupnya. Kita juga bisa mencampurkannya dengan kental manis sebagai penambah rasa.

2. Mencampurkan dengan teh

Cara pembuatan minuman teh dengan jahe tidak jauh berbeda dengan pembuatan wedang jahe. Kita hanya perlu mencampurkan jahe yang sudah ditumbuk ke dalam air rebusan yang sudah dicampurkan dengan teh, kemudian tambahkan gula sesuai dengan selera kita masing-masing.

 

3.  Permen jahe

Permen jahe adalah salah satu produk oalahan yang sangat digemari di Indonesia. Sudah banyak masyarakat maupun perusahaan-perusahaan yang mengolah jahe untuk dijadikan olahan permen. Kita juga bisa membuatnya sendiri dengan mempersiapkan bahan seperti jahe,gelatin, gula pasir, CMC, tepung tapioca, dan air. Kemudian bahan-bahan tersebut ditakar sesuai kebutuhan, lalu dihancurkan dan dilarutkan secara bersamaan.

 

4. Jus Jahe

Membuat jus jahe adalah hal yang cukup mudah. Jika ingin mengolah jus jahe cukup dengan mencampurkannya dengan air tanpa bahan apapun, karena dapat mengurangi nilai gizi yang ada di dalamnya.

 

5. Menjadikan produk herbal

Jahe bisa dijadikan produk herbal dengan cara, menghaluskan jahe, kemudian diambil saripatinya, dan dicampur dengan beberapa bahan, salah satu contohnya gula merah.

Selain untuk memperkuat sistem imun, manfaat jahe lainnya yang bisa kita peroleh adalah untuk melawan peradangan, memperlancar sistem pencernaan, pilek, mual, hingga nyeri sendi.

Memiliki tubuh yang sehat dan imun yang kuat merupakan keinginan setiap orang. Kekebalan tubuh yang yang kuat akan memperkecil atau meniadakan peluang masuknya virus ke sel tubuh kita melalui cara apapun.  Oleh sebab itu, marilah kita jaga kesehatan tubuh kita dan melaksanakan pola hidup sehat supaya terhindar dari berbagai macam penyakit dan virus.

(***)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini