Beranda Kesehatan Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan dan Kecantikan

Oleh Nadira Al Inayah Syarif

 

Buah ceri atau dikenal juga sebagai cherry adalah salah satu buah yang termasuk dalam famili Rosaceae yang merupakan keluarga tumbuhan berbunga yang luas. Buah ini mudah dijumpai di Indonesia dan memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah. Buah ceri memiliki ukuran kecil hingga sedang, berwarna merah, dan umumnya memiliki rasa manis.

Buah ceri memiliki beragam Varietas yang tersedia dengan variasi warna, ukuran, dan rasa. Varietas dari buah ceri yang umum ditemui yaitu ceri bing, ceri rainier, ceri lambert, ceri morello, ceri lapins, ceri sweetheart, dan ceri keena. Ceri bing, lambert, morello, lapins, dan sweetheart memiliki warna merah tetapi dengan kecerahan yang berbeda, sedangkan ceri rainier memiliki warna kuning pucat dengan sedikit merah di bagian yang terkena matahari. Masing-masing daging dari jenis ceri tersebut memiliki rasa manis dan asam yang berbeda dibandingkan dengan jenis lainnya.
Sejak zaman Romawi kuno, buah ceri telah menjadi bagian dari hidangan yang sehat dan dinikmati. Buah ceri memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Kandungan nutrisi yang terkandung pada buah ceri sangat banyak sehingga baik untuk dikonsumsi dan bermaanfaat untuk kesehatan tubuh. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi ragam manfaat buah ceri yang dapat membantu menjaga kesehatan dan keindahan kulit Anda. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi ragam manfaat buah ceri yang dapat membantu menjaga kesehatan dan keindahan kulit Anda. Berikut manfaat buah ceri bagi kesehatan tubuh.

Menurunkan Kadar Asam Urat dan Nyeri Sendi
Buah ceri diketahui mempunyai efek mengurangi kadar asam urat dan nyeri sendi pada beberapa individu. Kandungan senyawa antochyanin yang terdapat bada buah ini memiliki efek antiinflamasi, juga bisa membantu menghambat enzim yang terlibat dalam produksi asam urat. Buah ceri juga memiliki kandungan vitamin C yang mempunyai efek urikosurik yaitu efek yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah dan meningkatkan pengeluaran asam urat dalam urin. Dengan mengonsumsi buah ceri secara teratur dapat membantu mengurangi serangan asam urat dan nyeri sendi.

Perlindungan Jantung

Buah ceri mengandung antioksidan yang tinggi, seperti antochyanin dan flavonoid yang dapat membantu untuk melindungi jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Konsumsi ceri secara teratur juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Konsumsi buah ceri dapat meningkatkan kadar melatonin dalam tubuh manusia. Hal itu disebabkan karena adanya senyawa tertentu dalam ceri yang dapat merangsang produksi melatonin di dalam tubuh atau mempengaruhi regulasi siklus tidur.

Mencegah Kerusakan Sel

Buah ceri kaya akan antioksidan, seperti vitamin C dan beta-karoten yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. mengandung melatonin yaitu hormon yang berperan dalam pengaturan siklus tidur dan bangun.

Menyediakan Nutrisi Penting

Buah ceri mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin A, kalium, dan Serat. Berkat kandungan seratnya, mengonsumsi buah ceri juga dapat membantu menurunkan berat badan, menjaga kesehatan sistem pencernaan, serta mengurangi risiko diabetes dan kanker usus besar. Perbedaan senyawa aktif dalam buah ceri juga dapat membantu melindungi tubuh dari macam-macam enzim penyebab peradangan.

Itulah beberapa manfaat kesahatan yang akan didapatkan jika mengonsumsi buah ceri. Buah ceri dapat dinikmati secara langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi jus. Namun, kandungan antioksidan untuk ceri beku atau ceri kalengan akan sedikit menurun. Tetapi tidak peduli bagaimana ceri diproses, secara umum kandungan antioksidannya tetap tinggi.

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, buah ceri juga memiliki beragam manfaat untuk kecantikan kulit. Buah ceri juga memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan kulit. Berikut adalah beberapa manfaat buah ceri yang dapat berkontribusi pada kecantikan kulit.

Mencerahkan Kulit

Buah ceri mengandung vitamin C yang penting bagi produksi kolagen dalam kulit. Kolagen adalah protein struktural yang memberikan kekuatan, kekencangan, dan kelembutan pada kulit. Dengan memperkuat produksi kolagen, vitamin C membantu menjaga kulit tetap kenyal dan meminimalkan tampilan kerutan dan garis halus.

Menjaga Kelembapan kulit

Buah ceri memiliki kandungan air yang tinggi, yang membantu menjaga kulit terhidrasi. Secara umum, kandungan air pada buah ceri berkisar antara 80-85% berdasarkan beratnya. Hal ini berarti sebagian besar berat buah ceri terdiri dari air. Kandungan air yang tinggi dalam buah ceri membuatnya menjadi buah yang melembapkan dan menyegarkan.
Konsumsi buah ceri dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan tubuh secara keseluruhan. Hidrasi yang cukup sangat penting untuk kesehatan kulit, menjaga elastisitasnya, dan membantu menhindari kulit kering dan pecah- pecah. Mengonsumsi buah ceri secara teratur dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering.

Mengurangi Peradangan Kulit

Komponen antiinflamasi dalam buah ceri, seperti anthocyanin dapat menghambat aktivitas enzim yang terlibat dalam proses peradangan, seperti enzim siklooksigenase (COX) dan lipooksigenase (LOX). Dengan menghambat enzim ini, anthocyanin membantu mengurangi produksi prostaglandin dan leukotrien, yang merupakan mediator inflamasi dalam tubuh.dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Ini dapat bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah kulit peradangan, seperti jerawat, eksim, atau psoriasis.

Perlindungan Terhadap Sel Matahari

Buah ceri mengandung senyawa alami yang disebut senyawa fenolik. Senyawa fenolik tersebut memiliki sifat pelindung terhadap sinar matahari dan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Mengonsumsi buah ceri dan menerapkan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak buah ceri dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari dan menjaga kulit tetap sehat.

Itulah beberapa manfaat untuk kecantikan kulit yang diperoleh setelah mengonsumsi buah ceri. Selain dikonsumsi secara langsung, buah ceri juga dapat dikonsumsi dengan diolah terlebih dahulu menjadi jus atau menambahkannya ke dalam smoothie. Minuman ini akan memberikan manfaat yang sama untuk kulit, dengan memberikan nutrisi penting dan antioksidan langsung ke dalam tubuh.
Dapat dilihat bahwa buah ceri memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit, serta dapat dikonsumsi dengan cara apapun, sehingga kita tidak akan merasa bosan. Penting untuk dicatat bahwa meskipun manfaat buah ceri tersebut didasarkan pada sumber yang ada, namun tetap harus dikonsultasikan dengan profesional medis terlebih dahulu. Meskipun manfaatnya baik, buah ceri tetap harus dikonsumsi dalam batas yang wajar karena jika berlebihan dapat mengakibatkan beberapa efek negatif pada kesehatan tubuh.

Penulis mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini