Beranda Kesehatan Mandi Air Hangat atau Dingin, Mana yang Punya Manfaat?

Mandi Air Hangat atau Dingin, Mana yang Punya Manfaat?

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Mandi air hangat atau dingin sebenarnya sama-sama bermanfaat dan punya keuntungan yang berbeda, tergantung dari manfaat apa yang ingin kamu dapatkan. Ini dia komparasi kedua hal tersebut secara lebih jelasnya.

Mandi air dingin membantu kamu bangun di pagi hari. Ketika semprotan dingin itu mengenai tubuh, ada sedikit kejutan. Guncangan ini meningkatkan asupan oksigen, detak jantung, dan kewaspadaan.

Mandi air dingin meningkatkan sirkulasi juga. Ketika air dingin mengenai tubuh dan anggota tubuh eksternal, itu menyebabkan darah bersirkulasi dengan kecepatan lebih cepat untuk mempertahankan suhu tubuh yang ideal. Mandi air dingin membantu mengurangi nyeri otot setelah latihan intensif juga karena air dingin memiliki sifat regeneratif, otot akan rileks dan membaik setelah latihan yang berat.

Masih ada banyak manfaat mandi dengan air dingin lainnya seperti kesehatan kulit dan rambuh yang lebih bercahaya. Tapi adakah kontranya?

Mandi air dingin mungkin bukan ide yang baik jika Anda sudah kedinginan, karena suhu yang lebih dingin tidak akan membantu menghangatkan Anda dengan cara apa pun.

Ini sebenarnya bisa membuat Anda lebih dingin dan menambah waktu yang dibutuhkan tubuh Anda untuk melakukan pemanasan kembali.Mereka mungkin juga bukan ide yang baik jika Anda sakit. Awalnya, suhu dingin mungkin terlalu keras pada sistem kekebalan tubuh Anda, jadi yang terbaik adalah mengurangi ke suhu dingin.

Berdiri di pancuran air hangat dengan uap di sekitarnya telah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengurangi gejala pilek dan batuk. Panas dari air dan uap dapat membantu:

saluran udara terbuka
melonggarkan dahak
membersihkan saluran hidung
Dapat membantu membuka pori-porikulit yang memungkinkan kamu membersihkan kotoran dan minyak yang terperangkap

Selain itu, mandi air panas baik untuk relaksasi otot. Berada di air panas secara efektif mengurangi ketegangan tubuh dan dapat meredakan kelelahan otot. Tapi ya, mandi air panas juga memiliki beberapa kelemahan. Tetapi kabar baiknya, kamu hanya perlu sedikit menurunkan suhu dan merawat kulitmu sesudahnya.

Mandi air panas dapat mengering dan mengiritasi kulit. Sebab air panas menyebabkan kerusakan sel-sel keratin yang terletak di lapisan terluar kulit kita atau epidermis. Dengan mengganggu sel-sel ini, ia menciptakan kulit kering dan mencegah sel-sel dari kelembaban.

Mandi air panas juga dapat memperburuk kondisi kulit tertentu. Suhu yang lebih tinggi memudahkan kulit mengering dan memperburuk kondisi seperti eksim. (Red)

Sumber : detik.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini