Beranda Kesehatan Ini Loh 6 Waktu yang Tepat Minum Air Putih

Ini Loh 6 Waktu yang Tepat Minum Air Putih

341
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Seperti yang kita ketahui, 60 persen tubuh berisi cairan yang menjadikan tubuh harus selalu terhidrasi.

Air putih bisa melumasi sendi, mengantarkanĀ oksigenĀ ke seluruh tubuh, mengatur suhu tubuh, membantu pencernaan, sampai detoks atau membuang racun dalam tubuh.

Agar tetap sehat, penting untuk minum setidaknya 2 liter air setiap hari. Pada saat yang sama, penting untuk minum air pada waktu yang tepat dalam sehari untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Berikut waktu-waktu yang tepat untuk minum air putih agar tetap sehat dan bugar seperti dilansir detik.com.

1. Saat bangun tidur

Mulai harimu dengan segelas air di pagi hari. Kebiasaan ini akan membantu membuang racun di dalam tubuh dan menjadi pasokan energi hingga siang hari. Dianjurkan untuk meminum air dengan suhu normal atau hangat dan hindari minum air dingin di pagi hari.

2. Sebelum makan

Minum air putih sebelum makan akan membuatmu merasa penuh dan mencegahmu makan berlebihan. Minum segelas air 30 menit sebelum makan juga akan membangkitkan nafsu makan dan melembabkan lapisan perut. Minum air putih sebelum makan pun bermanfaat untuk membersihkan rasa sisa dari makanan atau minuman sebelumnya.

3. Ketika lapar

Terkadang kita merasa lapar padahal saat itu tubuh hanya kekurangan cairan atau sedang haus. Jadi jika merasa lapar di antara waktu-waktu makan, minumlah segelas air untuk melihat apakah kamu dehidrasi atau sedang lapar.

4. Sebelum dan setelah olahraga

Untuk mencegah dehidrasi, sangat penting meneguh 2-3 gelas air sebelum dan setelah sesi olahraga. Hal ini juga bermanfaat untuk menjaga cairan tetap seimbang. Tetapi jangan minum terlalu banyak air dalam waktu singkat, karena ini akan menyebabkan kram perut.

5. Ketika sakit

Tingkatkan asupan air putih saat sedang sakit. Banyak minum air putih ketika sakit tidak hanya akan menghidrasi tetapi juga akan menghilangkan racun dari tubuh dan membantu kamu pulih lebih cepat.

6. Saat kelelahan

Jika benar-benar merasa lelah dan tidak punya waktu untuk beristirahat, disarankan minum segelas air. Kamu mungkin tidak menyadari hal ini, tetapi kelelahan adalah tanda dehidrasi. Minum air putih akan memberi sedikit dorongan bagi otak, bahkan jika tidak menutup mata untuk sementara waktu.

(Red)