Beranda Olahraga Malaysia Kuasai Sementara Perolehan Medali SEA Games

Malaysia Kuasai Sementara Perolehan Medali SEA Games

Logo SEA Games 2021. (IST)

 

JAKARTA – Malaysia berada di posisi teratas dalam klasemen sementara perolehan medali SEA Games 2021 di Vietnam. Malaysia menambah dua medali emas dan satu perunggu melalui loncat indah.

Berdasarkan laman resmi SEA Games Vietnam yang dipantau sampai Selasa (10/5/2022) dini hari WIB, secara keseluruhan Malaysia telah mengoleksi empat emas, satu perak, dan satu perunggu.

Sementara di urutan kedua ada Vietnam dengan dua perak dan satu perunggu. Lalu Singapura berada di posisi ketiga dengan satu perak. Sedangkan negara peserta lainnya masih nihil medali.

Adapun dua emas Malaysia yang diraih pada Senin, berasal dari cabang olahraga akuatik disiplin loncat indah nomor papan 1 meter putra dan sinkronisasi papan 4 meter putri.

Pada nomor papan 1 meter putra, Ooi Tze Liang menjadi yang terbaik pada lima loncatan dengan meraih 377.70 poin. Dia mengalahkan wakil Singapura Avvir Tham yang pulang dengan perak setelah mendapatkan 286.40 poin. Malaysia juga meraih perunggu melalui Bertrand Rhodict dengan 284.90 poin.

Dominasi Malaysia pada disiplin loncat indah berlanjut setelah Ng Yan Yee/Ong Ker Ying tampil mengesankan saat turun pada nomor sinkronisasi papan 4 meter putri dengan meraih 276.30 poin.

Mereka mengalahkan wakil tuan rumah Mai Hong Hanh/Ngo Phuong Mai yang meraih perak usai membukukan 237.67 poin. Singapura di urutan ketiga melalui wakilnya Fong Kay Yian/Ashlee Tan dengan 229.41 poin.

Satu hari sebelumnya, Malaysia juga meraih dua emas melalui Nur Dhabitah Sabri (papan 1 meter putri) dan Ooi Tze Liang dan Chew Yiwei (sinkronisasi papan 3 meter putra) serta satu perak lewat Kimberly Bong (papan 1 meter putri).

Meski SEA Games Vietnam baru akan secara resmi dibuka pada 12 Mei, sejumlah atlet dari berbagai cabang olahraga telah berkompetisi sebelum upacara pembukaan.Bahkan delapan medali emas pada disiplin loncat indah semuanya diperebutkan sebelum pembukaan pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-31 tersebut.

Selain loncat indah, emas yang akan diperebutkan sebelum upacara pembukaan ada pada sejumlah nomor lomba yakni bola tangan pantai, kickboxing, pencak silat, dan dayung.

Berikut klasemen perolehan medali SEA Games 2021 hingga Selasa dini hari WIB: (emas, perak, perunggu):

1. Malaysia (4, 1, 1)
2. Vietnam (0, 2, 1)
3. Singapura (0, 1, 0)
4. Thailand (0, 0, 0)
5. Filipina (0, 0, 0)
6. Brunei Darussalam (0, 0, 0)
7. Kamboja (0, 0, 0)
8. Indonesia (0, 0, 0)
9. Laos (0, 0, 0)
10. Myanmar (0, 0, 0)
11. Timor Leste (0, 0, 0)

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini