Beranda Pariwisata Malam Nanti Gerhana Bulan Total akan Terjadi, Ini Efeknya

Malam Nanti Gerhana Bulan Total akan Terjadi, Ini Efeknya

225
0
(Sumber foto: tribunnews.com)

SERANG – Gelombang tinggi setinggi empat meter lebih diperkirakan akan terjadi malam nanti hingga dini hari. Hal ini menjadi salah satu dampak dari fenomena gerhana bulan total yang diperkirakan terjadi pada Sabtu 28 Juli 2018 dini hari nanti.

“Kita memprediksi gelombang tinggi ini salah satu dari faktor gerhana bulan ini. Sejauh mana efek ataupun pengaruh gerhana bulan ke tinggi gelombang,” kata Kepala Stasiun Geofisika Klas I Tangerang, Teguh Rahayu kepada wartawan, Jumat (27/7/2018).

Perempuan yang akrab disapa Ayu ini mengatakan bahwa ada variabel dari sekian banyak variabel yang mempengaruhi gelombang tinggi di perairan Banten. “Ketinggian bisa lebih dari empat meter, nanti puncaknya mungkin pada 27-28 Juli 2018.”

Badan Geofisika Klas I Tangerang sendiri akan menggelar live streaming pengamatan Gerhana Bulan Total (GBT) pada Sabtu, 28 Juli 2018 dini hari. Masyarakat juga bisa menyaksikan secara langsung fenomena alam itu di laman BMKG. Gerhana bulan total kali ini akan berdurasi 103 menit. Durasi paling lama dalam sejarah gerhana bulan yang pernah terjadi abad ini.

Gerhana bulan total kali ini terjadi karena bulan berada pada titik Apogee, atau titik terjauh dari Bumi. Gerhana bulan total ini juga bisa disebut sebagai Micromoon karena penampakannya yang kecil, kebalikan dari gerhana bulan total yang terjadi pada Januari lalu yang memiliki sebutan Super Blue Blood Moon di mana ukuran bulan terlihat lebih besar dan cerah.

Puncak dari gerhana bulan total ini sedikit lebih lama ketimbang gerhana bulan total biasa, yakni terjadi di pukul 03.23 WIB. Hal ini wajar karena memang kondisi Bulan sedang di titik paling jauh dari Bumi. Jarak Bulan dan Bumi yang menyebabkan terjadinya gerhana bulan total Micro Blood Moon ini sejauh 406.223 kilometer.

“Kita bisa saksikan dengan syarat cuaca pada dini nanti cerah tanpa terhalang awan,” jelasnya. (you/red)