Beranda Kampus Mahasiswa PPG Prajabatan Unpam Kenalkan Budaya Literasi di Taman Baca Masyarakat Situ...

Mahasiswa PPG Prajabatan Unpam Kenalkan Budaya Literasi di Taman Baca Masyarakat Situ Romping

Mahasiswa PPG Prajabatan Unpam Kenalkan Budaya Literasi di Taman Baca Masyarakat Situ Romping

TANGERANG- Kelompok Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Pamulang menggelar pengenalan literasi kepada anak-anak digelar di Taman Baca Masyarakat Situ Rompong, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Acara tersebut digelar pada Minggu (17/3/2024) kemarin yang bertajuk Kelas Inspiratif Untuk Tumbuh dan Aktif bersama Anak-anak (Kita). Kegiatan diawali dengan pengenalan literasi yang bertujuan mempersiapkan media baca tulis bagi anak-anak, kemudian mereka diajak untuk bermain sambil bernyanyi dengan diselingi beberapa aktivitas pencair suasana agar anak-anak dapat berkonsentrasi selama proses berjalannya kegiatan lancar.

Dalam gelarannya, 9 anggota kelompok mahasiswa PPG Prajabatan Unpam melakukan praktik terkait implementasi pemahaman terhadap pembelajaran yang memerdekakan bagi anak. Pemahaman literasi dinilai menjadi kunci dari kualitas Pendidikan yang menjadi tonggak dalam mencetak warga negara yang baik (to be good citizen) sejak dini.

Setidaknya ada 4 kecakapan literasi yang jadi dasar mahasisswa PPG Prajabatan melakukan kegiatan penanaman literasi ini yaitu literasi baca tulis, numerasi, sains, dan budaya kewargaan untuk menjadi bekal bagi anak-anak sebagai warga negara yag baik (to be good citizen).

“Kegiatan ini dilakukan 2 kali selama bulan Ramadhan dan 2 kali pasca bulan ramadhan dengan beberapa tema berbeda yang dibawakan setiap pertemuannya,” kata salah satu Mahasiswa PPG Prajabatan Unpam bernama Hamdan.

Acara tersebut diikuti oleh anak-anak dengan rentang usia 2-12 tahun. Tujuannya untuk menanamkan budaya membaca, menulis dan bermain dengan cara yang menyenangkan.

“Kegiatan hari ini dengan tema baca tulis bertujuan untuk mengenalkan dan membudayakan membaca menulis dengan metode bermain agar menciptakan pembelajaran yang berkesan bagi anak.”. Kata Muhamad Fiqri Berlian anggota Mahasiswa PPG prajabatan Unpam lainnya..

Acara itu digelar dari pukul 16.00 WIB sampai Pukul 17.30 WIB, serta akan rutin dilaksankan selama bulan Ramadhan sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Selain menggali potensi baca, tulis mahasiswa PPG berencana akan menggali literasi potensi lain seperti dalam kelas monolog (bercerita), kelas lingkungan, dan kelas hand craft sebagai bentuk penguatan literasi motorik bagi anak-anak yang berpartisipasi.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ