Beranda Akademi Mahasiswa Fakultas Teknik Untirta Berangkat ke Irlandia Ikuti IISMA 2022

Mahasiswa Fakultas Teknik Untirta Berangkat ke Irlandia Ikuti IISMA 2022

Pelepasan 15 mahasiswa Indonesia secara virtual zoom yang akan berangkat ke Irlandia untuk mengikuti program International Student Mobility Awards (IISMA) 2022. (Ist)

JAKARTA – Tsabat Muhammad Abdillah, mahasiswa Fakultas Teknik di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Kota Serang, Provinsi Banten lolos seleksi program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022. Ia bersama 14 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia melakukan pertukaran mahasiswa ke Irlandia selama satu semester.

Tidak mudah bagi mahasiswa jurusan Teknik Metalurgi tersebut untuk meraih perjuangan seleksi program IISMA 2022. Dirinya harus bersaing ketat dengan mahasiswa hebat lainnya dari berbagai universitas di Indonesia.

Ketua Pelaksana Program IISMA 2022, Rachmat Sriwijaya melepas langsung pemberangkatan 15 mahasiswa tersebut melalui virtual zoom yang dihadiri oleh Kepala Kantor Internasional Office dari 15 perguruan tinggi dan perwakilan orang tua mahasiswa. Para mahasiswa dijadwalkan berangkat melalui Bandara Soekarno Hatta pada Sabtu (3/9/2022) sekira pukul 18.30 WIB.

“Selamat dan sukses kepada peserta yang telah lolos seleksi program IISMA dan selamat jalan semoga selamat sampai tujuan, dapat menjalankan program IISMA ini dengan baik dan lancar hingga selesai,” ujar Rachmat dalam sambutannya pada Sabtu (3/9/2022).

Lima belas mahasiswa yang mengikuti program pertukaran mahasiswa keluar negeri tersebut merupakan duta bangsa yang telah dibekali pengetahuan dan berbagai persiapan lainnya oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud RI).

Rachmat juga meminta kepada para peserta untuk saling menjalin koordinasi dan patuh selama mengikuti program tersebut serta dapat saling menjaga antara peserta. “Peserta diminta saling menjaga dengan peserta lainnya dan menjalin koordinasi dan komunikasi selama di negeri orang. Menjaga harkat dan martabat bangsa, ada etika dan norma dengan adanya perbedaan budaya, harus pandai beradaptasi, patuh mengikuti program dan adminsitrasi yang harus dipenuhi sehingga program IISMA selama satu semester berjalan dengan lancar,” kata Rachmat.

Senada dengan Rachmat, KUI UNPAD Holis Abdul Holik berharap para mahasiswa yang mengikuti program pertukaran pelajar tersebut dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. “Diharapkan dapat melaksanakan tugas negara ini dengan sebaik-baiknya, mendapatkan ilmu dan pengalaman yang tidak terlupakan. Membawa nama baik dan dengan adanya program ini diharapkan nama Indonesia diakui kebesarannya oleh bangsa lain,” ucap Holis.

Melalui program IISMA 2022, para putra dan putri terbaik di Indonesia dapat memperkenalkan budaya sekaligus meningkatkan kemampuan untuk berdaptasi dengan budaya negara lain serta menjaga solidaritas dan persaudaraan. Selama di Irlandia, para mahasiswa akan didampingi oleh Education in Ireland Miranda Hough yang membimbing dan mendampingi peserta hingga program selesai.

Perwakilan dari orang tua peserta juga turut hadir mengucapkan terima kasih kepada Kemdikbudristek dan semua pihak yang telah membantu proses penyelenggaraan Program IISMA hingga peserta diberangkatkan. (Red)