Beranda Pendidikan Lima Tips untuk Dapatkan Beasiswa

Lima Tips untuk Dapatkan Beasiswa

Ilustrasi - foto istimewa

SEKOLAH atau kuliah tanpa biaya? Bisa banget, bahkan kamu bisa dapat uang bulanan juga lho, semua itu bisa kamu dapat dari program beasiswa. Nah, sebelum mendapat beasiswa itu, kamu harus terlebih dahulu mendaftar dengan memenuhi persyaratan yang diberlakukan oleh penyelenggara program beasiswa.

Tidak berhenti di situ, sebelum kamu mendaftar pun ada beberpa hal yang perlu kamu perhatikan. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini!

1. Cari Informasi Beasiswa

Langkah pertama kalau kamu ingin mendaftar beasiswa adalah dengan mencari tahu informasi tentang beasiswa itu sendiri, informasi ini bisa kamu dapat melalui internet, media sosial, dan pihak sekolah atau kampus. Kamu harus up to date masalah ini, jangan sampai ketinggalan.

Namun, jangan berkecil hati pula bila kamu ketinggalan periodenya karena selanjutnya pasti ada program beasiswa lain atau kamu bisa ikut periode selanjutnya.

2. Cek Persyaratan

Jangan lupa untuk melihat apa saja persyaratan yang diberlakukan oleh penyelenggara beasiswa, pastikan kamu memenuhi syarat untuk mendaftar atau setidaknya kamu bisa mempersiapkan persyaratan tersebut.

Jangan sampai terlewat, karena jumlah pendaftar beasiswa itu banyak, kalau kamu tidak memenuhi satu syarat saja, bisa-bisa kamu tidak diterima.

3. Tanya Pada Awardee

Setelah menemukan program beasiswa yang tepat, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan bertanya pada awardee beasiswa tersebut. Awardee adalah penerima beasiswa.

Jadi, carilah informasi siapa saja yang sudah berhasil menerima beasiswa tersebut, kemudian cari informasi dari orang tersebut. Biasanya kalau kita bertanya pada orangnya langsung, informasi yang kita dapat bisa semakin lengkap.

4. Konsultasi

Sebelum mendaftar beasiswa, kamu perlu berkonsultasi dengan guru atau dosen serta orang tuamu. Tanyakan seperti apa pendapat mereka kalau kamu mendaftar beasiswa ini dan apa saja yang harus kamu lakukan sebelum mendaftar.

5. Siapkan Diri

Setelah melakukan semua hal diatas, langkah selanjutnya adalah kamu harus menyiapkan diri. Lengkapi semua persyaratan dan apabila ada tes berupa tes tulis atau wawancara, kamu perlu menyiapkan diri dengan belajar.

Itulah 5 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mendaftar beasiswa, selamat mencoba dan semoga berhasil! (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini