Beranda Peristiwa Lebaran 2023 Berapa Hari Lagi Sih? Berikut Jadwal Tanggalnya Menurut Pemerintah

Lebaran 2023 Berapa Hari Lagi Sih? Berikut Jadwal Tanggalnya Menurut Pemerintah

Ilustrasi - foto istimewa suara.com

SERANG – Puasa Ramadan 2023 sudah jadi pembahasan sejak beberapa hari ini. Tak ayal, pembahasan lebaran 2023 berapa hari lagi pun ikut jadi topik hangat di berbagai tempat, termasuk media sosial. Bagaimana cara mengetahui lebaran 2023 tinggal berapa hari lagi?

Kita bisa cek atau hitung mundur dengan melihat tanggal pelaksanaan puasa. Meskipun ada perbedaan antara penghitungan awal puasa atau 1 Ramadhan penghitungan Muhammadiyah dan NU, kita bisa menggunakan
tanggal tersebut sebagai patokan.

Penghitungan lebaran 2023

Mari kita fokus pada penetapan hari libur dan cuti bersama dari Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang hari libur dan cuti bersama Tahun 2023, disebutkan cuti bersama untuk Hari Raya Idul Fitri 1444 H jatuh pada tanggal 22 dan 23 April 2023.

Hari ini adalah tanggal 5 Februari 2023, masih ada 23 hari sampai akhir Februari 2023. Lalu masih ada bulan Maret, sebanyak 31 hari, dan beberapa hari menjelang hari raya di bulan April yakni sekitar 21 hari sampai pada tanggl 22 dan 23 April yang ditetapkan sebagai hari raya.

Kalau ditambahkan, sisa bulan Februari sebanyak 23 hari ditambah dengan bulan Maret sebanyak 31 hari, dan bulan April sebanyak 21 hari menjelang hari raya, maka lebaran 2023 akan tiba sekitar 75 hari lagi.

Cuti bersama lebaran

Kembali meniliki kalender masehi, akan ada libur cuti bersama di Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah. Penetapan cuti bersama 2023 bertepatan dengan hari raya Idul Fitri itu adalah di tanggal 21, 24, 25, dan 26 April.

Amalan menyambut bulan Ramadhan

Baca Juga:300 Ton Beras Bulog Segera Digelontorkan Buat Kendalikan Harga

Mengikuti saran para ulama, ada baiknya mulai dari sekarang kita mempersiapkan menyambut bulan Ramadhan. Beberapa amalan untuk menyambut bulan Ramadhan yang disarankan oleh para ulama berdasarkan islam.nu.or.id, adalah sebagai berikut:

1. Berziarah ke makam orang tua

Mungkin di antara pembaca sudah terbiasa dengan tradisi berziarah ke makam orang tua atau leluhur menjelang bulan Ramadhan. Kita mengirim doa kepada leluhur sekaligus memberi salam, bertawassul kepada mereka, sesuai dengan bunyi surat Al-Maidah ayat 35 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan. (Q.S. al-Maidah: 35).

2. Saling maaf memaafkan

Hal ini bisa kita lakukan dengan mengirimkan teks melalui pesan WA di era teknologi ini jika tak bisa bertemu secara langsung. Bagi yang bertemu secara langsung, sebaiknya kita bisa saling maaf memaafkan secara langsung.

3. Menyambut bulan Ramadhan dengan hati yang gembira

Kita bisa membaca shalawat nabi, berzikir, dan mengucapkan lebih banyak rasa syukur kepada Allah SWT karena akan diberi kesempatan untuk melewati satu putaran bulan Ramadhan.

Demikian itu jawaban untuk pertanyaan lebaran 2023 berapa hari lagi. Semoga bermanfaat.

(Red/suara.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini