Beranda Olahraga Layar Penyumbang Medali Emas PON XX Terbanyak untuk Banten

Layar Penyumbang Medali Emas PON XX Terbanyak untuk Banten

Menjelang PON XX Papua berakhir dalam waktu beberapa hari ini, Kontingen Banten berpeluang untuk menambah pundi medali dari cabang layar

JAYAPURA – Cabang olahraga (cabor) layar menjadi penyumbang medali emas terbanyak untuk Kontingen Banten di PON XX Papua yang berakhir Jumat (15/10/2021).

PON XX Papua.

Layar menyumbang 3 emas dari 10 emas yang direbut Banten. Dua emas layar disumbangkan oleh Dexy Priany dari nomor RS One Putra dan Marathon Open Putra. Satu emas lagi diraih Kirana Wardojo dari nomor Laser Radial Putri.

Layar juga menyumbang 2 perunggu lewat Gregory dan Haikal di nomor Internasional 420 Beregu Putra serta Ratiah dari nomor RSS 8.5 Putri.

Total raihan cabor layar untuk Kontingen Banten yaitu 3 emas dan 3 perunggu dianggap sangat membantu oleh Ketua KONI Banten Rumah Kartoredjo.

“Tanpa memandang rendah cabor lain, saya ucapkan terimakasih kepada atlet-atlet layar yang punya andil besar dalam raihan Banten di PON Papua ini, ” ujar Rumiah.

Hasil 3 emas dari layar di PON 2021 Papua mengingatkan kita akan PON 2016 di Jawa Barat. Saat itu, cabor drumband juga menyumbang 3 emas untuk Kontingen Banten. Drumband bahkan juga meraih 1 perak dan 3 perunggu, saat itu. Raihan drumband ini belum terpecahkan oleh cabor lain. Sayang, drumband tidak dilombakan di PON 2021 di Papua.

Pada PON 2016 lalu, layar juga ikut andil mendapat 1 emas 2 perak dan 2 perunggu untuk Banten. Konsistensi layar punya prestasi mentereng cukup terbukti dari 2 gelaran PON terakhir.

Menanggapi hal ini, Ketua Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) Banten Asep Yusuf Syahrir mengatakan bahwa hasil di PON Papua tak terlepas dari program yang diterapkan staf pelatih dan dijalankan dengan baik oleh para atlet.

Ujicoba mengikuti beberapa kejuaraan di dalam maupun luar negeri juga dirasakan cukup membantu. Yang tak kalah penting, kata Asep pihaknya mendapat bantuan peralatan yang baru dari KONI Banten.

“Alat yang baru serta modern juga jadi syarat utama untuk berprestasi. Terima kasih KONI Banten sudah membantu selama ini, ” katanya lagi.

Asep mengaku belum puas dengan raihan di PON XX Papua. Karena itu, pihaknya tengah merancang program ke depan untuk mencari bibit-bibit atlet dari kabupaten/kota di Banten.

“Tapi kita harus lihat peluang di kelas apa kita bisa meraih medali. Jangan asal mencari atlet saja. Kita cermati juga postur tubuh dan semangat berlatihnya, ” tutur Asep.

Tak lupa Asep juga berpesan agar Porprov Banten tahun 2022 di Kota Tangerang tetap mempertandingkan cabor layar agar semakin banyak atlet layar kelak dimiliki oleh Provinsi Banten. (Red/PON)