Beranda Gaya Hidup Lakukan Hal Ini Saat Cita-citamu Tak Sejalan dengan Orangtua

Lakukan Hal Ini Saat Cita-citamu Tak Sejalan dengan Orangtua

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Meskipun kamu sudah menjelaskan dengan baik-baik mengenai impianmu, masih saja orangtua kamu meragukan dengan pilihanmu yang satu itu. Orangtuamu takut kamu salah ambil langkah karena setiap orangtua menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya.

Mereka pun memutuskan untuk mengarahkanmu untuk melakukan hal lain yang “sudah jelas hasilnya”, yang biasanya itu bukan passion kamu sama sekali. Dan biasanya diakhiri dengan kamu yang mengalah karena tidak ingin membuat orangtua kamu kecewa. Atau kamu berselisih paham dengan orangtua kamu karena kamu tetap bersikukuh dengan pilihan kamu.

Untuk menghindari hal-hal semacam itu, ada baiknya kamu melakukan lima hal berikut. Selain kamu bisa meyakinkan orangtua, siapa tahu orangtuamu mendukung penuh pilihan kamu tersebut.

1. Jelaskan impianmu pada orangtua dengan cara yang berbeda

Jika menjelaskan impianmu dengan cara yang mainstream tidak berhasil, tidak ada salahnya kamu mencobanya dengan cara yang unik dan tidak biasa. Kamu bisa nih coba cara yang Emma Stone pakai saat meyakinkan orangtuanya untuk mengizinkan aktris berusia 29 tahun ini hijrah ke Los Angeles untuk mengejar mimpinya sebagai aktris kelas atas.

Mantan pacar Andrew Garfield ini melakukan presentasi di depan kedua orangtuanya lewat Power Point yang ia beri judul “Project Hollywood” disertai iringan lagu Hollywood milik Madonna. Hasilnya, Emma sukses meyakinkan orangtuanya dan pindah ke Los Angeles bersama ibunya pada usia 15 tahun dan menjadi salah satu aktris dengan bayaran termahal di dunia.

Kamu boleh banget memakai cara-cara lain yang unik dan anti-mainstream untuk meyakinkan kedua orangtua kamu. Membuatnya dalam bentuk buku laporan atau sebuah film pendek, dan masih banyak lagi. Dijamin, orangtua kamu bakalan langsung ngasih restu dan gak ngelarang kamu lagi.

2. Tunjukkan passion-mu di bidang yang kamu geluti di depan orangtua

Kalau orangtuamu masih ragu dengan keputusanmu soal cita-cita kamu, tunjukkan pada mereka kalau kamu benar-benar serius dengan cita-citamu. Dan kamu tahu betul apa passion kamu.

Jika kamu ingin menjadi seorang chef profesional, kamu bisa menunjukan kemampuanmu dengan cara membuatkan orangtuamu masakan terbaik yang pernah buat. Jika kamu ingin menjadi seorang penulis, kamu bisa menunjukan hasil tulisanmu yang berhasil dimuat di situs-situs koran lokal, atau blog kamu.

Orangtua kamu pasti merasa kalau kamu memang’gak main-main dengan mimpimu. Dengan menunjukan keseriusan kamu, sekeras apapun orangtua kamu pada akhirnya akan luluh dengan usaha dan kerja keras kamu.

Baca Juga: Masih Bingung Apa Impianmu? 5 Pertanyaan Ini Bisa Bantu Menjawabnya

3. Bawa ‘bala bantuan’

Tidak ada salahnya kamu membawa kakak, adik, sepupu, teman-teman, atau mungkin pelatih yang tahu perjuangan kamu dari bawah dan tahu betul dengan passion kamu dan meminta bantuan mereka untuk menjelaskannya pada orangtua kamu.

Dengan mendengarkan penjelasan dari orang-orang terdekatmu, siapa tahu hati orangtua kamu menjadi sedikit terbuka dan mengizinkanmu melakukan apa yang harusnya kamu lakukan unutk meraih cita-cita kamu.

4. Melakukan keduanya? Kenapa gak?

Jika orangtuamu tetap bersikeras menyuruhmu menjadi apa yang mereka inginkan, tidak ada salahnya kamu menuruti kemauan orangtua kamu. Toh, kamu masih bisa meraih impianmu meskipun akan memakan lebih banyak waktu.

Misalnya nih, orangtua kamu nyuruh kamu buat masuk sekolah hukum meskipun mereka tahu kalau kamu sangat ingin menjadi seorang pattisiere. Kamu tetap bisa kok menjadi seorang pattisiere sambil belajar sekolah hukum, kok.

Kamu bisa kerja part-time di toko roti atau restoran setelah selesai kuliah. Selain kamu dapat uang tambahan, kamu juga bisa mengasah bakat kamu dan belajar langsung dari ahlinya. Atau kamu juga bisa banget nih jualan kue dan roti buatan kamu di kampus. Siapa tahu setelah selesai kuliah, kamu bisa membuka toko roti sendiri dan membuktikan pada orangtua kamu kalau kamu serius dengan impian kamu.

5. Tetap raih impianmu meskipun tanpa dukungan orangtua

Meskipun orangtua kamu tidak memberimu restu untuk meraih cita-cita kamu, bukan berarti kamu harus menggantungkan impianmu di bagian tergelap lemari pakaian kamu.

Setidaknya kamu sudah mencobanya. Kamu pun akan terbebas dari perasaan menyesal di masa depan karena tidak pernah mencoba meraih impian kamu. Kamu harus memperjuangkan mimpi-mimpi kamu.

Di saat kamu sukses meraih impian kamu meskipun impianmu berseberangan dengan yang orangtua kamu inginkan, mereka pun akan melihat kesungguhan kamu dan menghargai usaha dan kerja keras kamu.

Pada akhirnya, orangtuamu akan merasa bangga dengan apa yang sudah kamu lakukan dan kamu raih dengan caramu sendiri. Jadi, tetap semangat dan jangan mudah menyerah, ya. (Red)

Sumber : IDN Times

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini