Beranda Gaya Hidup Lakukan 7 Hal Ini Setelah Makan Daging Kurban Supaya Tetap Sehat

Lakukan 7 Hal Ini Setelah Makan Daging Kurban Supaya Tetap Sehat

553
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Kadang merasa was-was terhadap dampak buruk terlalu banyak mengonsumsi daging kurban saat Idul Adha.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mencegah hal itu terjadi pada tubuh kita. Apa sajakah itu? Yuk simak uraiannya berikut ini.

1. Perbanyak minum air putih

Sebenarnya anjuran memperbanyak konsumsi air putih tidak hanya setelah kita makan daging saja, mengingat manfaat air putih yang sangat penting bagi tubuh. Konsumsi air putih setelah makan daging akan membantu tubuh kita dalam menetralisir lemak-lemak jahat yang berasal dari daging tersebut.

2. Perbanyak makan sayur dan buah

Kandungan vitamin yang terdapat dalam buah dan sayur sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Kita bisa mencampurkan sayuran ke dalam olahan daging yang akan kita konsumsi. Untuk buahnya bisa kita makan langsung setelah mengonsumsi daging ataupun meminumnya dalam bentuk jus.

3. Konsumsi vitamin

Bersyukurlah bagi mereka yang tidak akan memiliki dampak buruk setelah mengonsumsi daging. Tapi bagi mereka yang kurang beruntung, mengonsumsi daging bisa diimbangi dengan konsumsi vitamin tambahan agar tubuh tetap sehat. Untuk bisa mendapatkan vitamin yang tepat dibutuhkan oleh tubuh, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter.

4. Olahraga

Permasalahan kesehatan yang muncul saat Idul Adha biasanya diakibatkan oleh konsumsi daging dari olahan sate dan santan dari olahan gulai. Agar tubuh tetap sehat, sangat dianjurkan untuk kita melakukan olahraga.Tidak harus olahraga berat, berjalan kaki saat pagi ataupun sore hari setelah makan daging saat Idul Adha bisa melancarkan sistem pencernaan kita, lho.

5. Cek kolesterol

Setelah bersenang-senang mengonsumsi berbagai olahan daging hewan kurban sebaiknya segera cek kadar kolesterol kita. Meskipun begitu, rajin kontrol kolesterol harus menjadi agenda rutin, ya agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga.

6. Perbanyak beristirahat

Segala kesibukan kita dalam menyambut Idul Adha tak ayal membuat badan menjadi lelah. Saat itu lah waktu yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh. Jangan langsung membebani tubuh kita dengan melakukan berbagai macam pekerjaan berat. Cukupkan tubuh kita untuk beristirahat, bisa dengan bersantai sejenak maupun tidur beberapa waktu.

7. Perbaiki pola makan

Namanya hari raya pasti banyak sekali hidangan lezat yang menggugah selera apalagi olahan daging dari hewan kurban. Hal itu menyebabkan porsi makan kita tidak teratur, karena semua makanan terlihat enak membuat kita selalu ingin makan lagi dan lagi. Setelah itu sebaiknya kita segera memperbaiki pola makan dengan makanan empat sehat lima sempurna agar tubuh tetap fit.

Itulah tujuh anjuran yang bisa dilakukan agar tubuh tetap fit setelah mengonsumsi daging kurban. Semoga membantu! (Red)